Sabtu, 09 November 2013

Egg Tart ( Pie Susu )

Belum pernah bikin pie susu, biasanya selalu dapet oleh-oleh dari kakak iparku di Bali, anak-anak semua pada suka jadi kepikiran kenapa gak bikin sendiri aja ,toh kalau bikin pie udah sering jadi pasti gak akan kesulitan. Nah pagi ini ditemenin dedek Kenzie akhirnya aku bikin juga, ribet sebenernya kalau ngebaking terus dedeknya gak ada yang jagain. Untung hari ini dedek Kenzie manis sekali sikapnya, sampai selesai bikin egg tart ini tanpa ada tangisannya ( tapi cetakan pie pada berserakan sama adonan yang sengaja dikasih buat mainan :) , yang penting anteng dan mamanya selesai bikin crustnya ).Setelah selesai dioven ternyata hasilnya membuat rasa capek hilang,,,,sempurna menurut aku yang baru pertama bikin, fillingnya mulussssss....jagain extra soalnya takut fillingnya pecah dan akhirnya berkerut.Dannnnnn Dedek Kenzie ternyata suka banget....hihihihihi senengnya.....
Ini hasil egg tartnya,,,,









Biar ga monoton nyoba pake cetakan ovalnya juga,,,,ternyata pakai cetakan oval gak kalah cantiknya lhoo sama cetakan yang bulat....








Rasanya enak banget ,,,, RECOMENDED deh kalau mau ada yang bikin egg tart pakai resep ini saja, resep dari Mbak Ricke Ordinary Kitchen ini gak usah diragukan lagi, dan ini bakalan jadi sajian favorit my best customer ( Suami dan anak-anakku ), terimakasih ya mbak Ricke buat resepnya. 

EGG TART ( PIE SUSU )
By : Ricke Indriani

Bahan kulit / crust :
300 gr margarin / butter  
2 sdm gula halus / penuh
3 kuning telur
500 gr tepung terigu protein sedang / all purpose flour

Cara membuat :
campur semua bahan menjadi satu dengan menggunakan pisau pastri atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga adonan mudah dipulung.Cetak ke dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin.

Bahan Filling :
300 ml atau 1 kaleng susu kental manis
400 ml air
8 kuning telur kocok lepas
30 gr tepung custard
1-2 sdt vanilla susu ( saya pakai perisa condensed milk pasta Ny. Liem )

Cara membuat :
campur susu kental manis dan air aduk rata, tambahkan telur  aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanila susu, aduk rata dan saring.
Tuang adonan filling ke dalam kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven dengan suhu 160'c selama kira-kira 45 menit tergantung oven masing-masing hingga filling set dan menguning. Angkat dan keluarkan dari oven dan diamkan sekitar 10 menit hingga hangat baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es agar lebih nikmat.

Tidak ada komentar: