Tampilkan postingan dengan label cookies. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label cookies. Tampilkan semua postingan

Senin, 17 Juli 2017

CHOCOLATE CHIPS COOKIES

Cookies yang selalu ada di setiap lebaran, dan gak harus lebaran juga kalau pengen bikin ya langsung bikin aja, secara bahannya juga gampang dan selalu ready di rumah. Gak ada bahan yang susah dapatnya  ^_^
Anak-anak suka bawa dibuat bekal ke sekolah.
Bikin ini juga dibantuin anak-anak lhooo, mereka suka banget kalau bantuin bikin cookies, karena kayak mainan aja katanya .


CHOCO CHIPS COOKIES 

Bahan: 
100 gr margarin 
100 gr butter 
150 gr gula halus 
3 kuning telur 
1 sdm susu bubuk 
30 gr cokelat bubuk 
300 gr tepung terigu, ayak bersama 
25 gr tepung maizena 
250 gr choco chips 

Cara Membuat: 
1. Panaskan oven dengan temperatur 160 derajat Celcius. 
2. Kocok margarin bersama gula hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok. 
3. Masukkan susu bubuk, cokelat bubuk, aduk rata, tambahkan tepung terigu dan maizena, aduk rata. 
4. Masukkan choco chips, aduk rata, cetak sesendok-sesendok taruh diatas loyang yang telah diolesi margarin. 
5. Panggang selama 30 menit atau sampai matang. Angkat. 
6. Setelah dingin simpan dalam stoples kedap udara. 




Sabtu, 01 Juli 2017

KUE KERING PALEM KAYU MANIS


Assalamuallaikum teman-teman semua, Maaf yaa share resep di sini jadi agak jarang. Sebenernya pengen share resep di sini tiap habis bebikinan, tapi apa daya waktunya gak ada ^_^
Saya share awal pasti di Intagram, yang disini baru kalau udah longgar waktunya. InsyaAllah ini di share satu-satu yaaa......

KUE KERING PALEM KAYU MANIS
 ( @sajiansedap ) 
Bahan : 
150 gram margarin ( saya pake 75 margarin, 75 gr butter ) 
75 gram gula tepung 
 1 kuning telur 
 1/2 sendok teh pasta vanilla 
1 sendok makan susu cair 
300 gram tepung terigu protein rendah 
1/4 sendok teh baking powder 

 Bahan Pelapis (aduk Rata): 
50 gram gula palem, diblender halus 
/4 sendok teh kayumanis bubuk 

Cara membuat : 
Kocok margarin dan gula tepung 1 menit. Masukkan kuning telur dan pasta vanila. Kocok rata. 
Tambahkan susu cair. Kocok rata. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. 
Giling adonan setebal 1 cm. Letakkan dalam loyang yang dialas plastik. 
Simpan dalam kulkas 1 jam. Potong adonan 5x1 cm. Letakkan adonan dalam loyang yang dioles margarin ( saya bentuk bulat2 aja jadibtanpa masuk kulkas ) 
Oven dengan api bawah suhu 150 derajat celcius 25 menit sampai matang. 
Setelah hangat, gulingkan di atas bahan pelapis. ( saya waktu habis bikin bulatan terus digulingkan di gulanya, jadi gula ikutan dioven 




Rabu, 28 Juni 2017

CORNFLAKES BUTTER COOKIES

Cookies satu ini kalau udah mateng sangat rapuh ya, renyah dari Cornflakesnya bikin kres-kres gitu kalau dimakan. Gula saya kurangi dari resep aslinya takut kemanisan sih, dan ukuran yang saya pakai udah pas menurut saya yang gak suka manis. Jadi buat yang mau nyoba bikin sesuaikan aja, mau resep asli silahkan yang mau resep gak manis pakai tkaran di saya ini yaaa. Rasanya beneran enak khas butter cookies gitu,bikin gak berasa makannya tau-tau udah habis setengah toples sendiri :) doyan apa laper yaaaaa :(


CORNFLAKES BUTTER COOKIES
( Source : Cake Fever )
Bahan :
• 400 gr butter ( Saya pakai Anchor )
• 200 gr gula pasir ( saya pakai 140 gr )
• 400 gr tepung terigu ( saya pakai kunci biru )
• 250 gr cornflakes • 2 kuning telur • 1 sendok teh vanilla ekstrak

Cara membuat :
1. Panaskan oven, set di suhu 170 derajat celcius
2. Siapkan loyang beralas kertas baking/kertas roti, sisihkan
3. Ayak tepung terigu, sisihkan
4. Remukkan cornflakes.
5. Kocok dengan mixer mentega, gula pasir dan kuning telur serta vanila sampai putih.
6. Matikan mixer, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil diaduk dengan spatula atau sendok kayu hanya sampai rata
7. Masukkan cornflakes, aduk lagi dengan spatula
8. Sendokkan adonan secukupnya, letakkan ke loyang, pipihkan.
9. Lakukan hingga adonan habis
10. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit, hanya sampai permukaan bawah cookies mulai terlihat kecoklatan dan bagian atas cookies kelihatan kering
11. Keluarkan dari oven, dinginkan (cookies masih lembut ketika keluar dari oven dan ketika dingin akan mengeras)
12. Ketika sudah dingin, masukkan ke wadah kedap udara.
 

Minggu, 25 Juni 2017

SAGU KEJU LUMER

Sagu keju yang ngehits di Intagram patut dicoba, nahhh sagu keju ini dari IG mommy cantik Tintin Rayner.
Penasaran sama lumernya, ehhh langsung bikin pas ada kesempatan kemarin. Gak nyangka banget ini dispuit gak ada liat-liatnya yaaa, lancar gak sampai matahin jari-jari. Biasanya kalau sagu kan nyepuitnya susah banget, pake jempol berasa jempol sampai bengkak.
Duh seneng bangetlah ketemu resep yang ajib rasanya dan gak bikin patah tulang jari-jarinya.

SAGU KEJU LUMER
( Source :Tintin Rayner)

200 gr tepung sagu
70 gr gula halus
75 gr keju parut
1 butir kuning telur
30 gr margarin
70 gr salted butter
30 ml santan kental instan
Taburan keju parut

Cara membuat :
1. Sangrai tepung sagu sampai terasa kering dan ringan, angkat tunggu sampai uap hilang. Sisihkan.
2. Panaskan oven 150 'C .
3. Mixer margarin, butter dan gula sekitar 2 menit, masukkan telur dan santan. Mixer rata.
4. Masukkan keju parut dan tepung sagu yang sudah diayak, aduk pakai spatula sampai rata.
5. Masukkan ke dalam plastik segitiga, cetak sesuai selera di loyang yang sudah dioles margarin atau dialas dengan silpat. Taburi keju parut.
6. Oven dengan suhu 150' C selama 30 menit sampai matang, sesuikan oven masing2.


Senin, 12 Juni 2017

PUTRI SALJU



Masih setia sama resep ini, resep yg dishare mbak Ayudiah Respati. Makasih yaa mbak. Secara aku gak suka kacang-kacangan jadi tiap bikin putri salju ngandelin resep ini. Lumer banget ini putri saljunya. 
Bikinnya juga tinggal aduk-aduk aja pake sendok kayu, gak ribet banget pokoknya. 


PUTRI SALJU

Bahan :
300 gr margarin ( pake Blue Band Cake & Cookies )
100 gr roombuter ( pake Anchor )
400 - 450 gr terigu protein rendah ( kunci biru )
gula halus
gula donat/gula dingin

Caranya (versiku) :
Dalam wadah, campur margarin dan roombuter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas kurang lebih 15 menit.
Keluarkan dari kulkas, bentuk, panggang di oven. Setelah matang, panas-panas lumuri dengan gula halus, sisihkan.
Setelah dingin, lumuri kembali dengan gula donat/gula dingin. Sajikan.




Sabtu, 03 Juni 2017

KUE JANDA GENIT


Kue kering ini  gak tau siapa yang ngasih nama dan siapa yang nyebut pertama kali, beneran deh jangan ngributin soal nama yang penting rasanya. Kebanyakan sih yang bikin dikasih cokelat chips aja bagian atasnya, biar kelihatan genit segenit namanya aku  kasih jelly merah, dan hasilnya lebih kliatan cantik kan :)
kue ini gak meleber ya, jadi ngasih jarak waktu mau dioven jangan teralu jauh, tetep bentuknya gak berubah kok. Aku bikin satu resep aja udah jadi banyak. Tips biar tepung roti menempel banyak, blender tepung roti sebelum dibuat taburan, dan biar gak pecah si kue kering waktu ditekan bagian tengahnya, tekan lebih dahulu sebelum dbalur dengan tepung roti.


KUE KERING JANDA GENIT

Bahan :
250 gr Tepung terigu protein sedang
50 gr Tepung maizena
70 gr Gula halus
150 ml Minyak goreng ( saya pakai Sunflower Oil )
30 Susu bubuk full cream
75 Butter ( saya pakai Anchor )
Tepung roti secukupnya ( blender sebentar saja )

Topping :
Choco chips atau jelly 
 
Cara membuat :
Campur semua bahan jadi satu, aduk sampai rata dengan menggunakan sendok kayu.
Bentuk bulat-bulatan kecil. Gulingkan di tepung roti. Taruh di loyang yang sudah dioles margarin ( saya pakai silpat ) Hias dengan chocohips atau jelly.
Oven dengan suhu 160'C sampai matang kira2 25 menitan. Dinginkan dan dan simpan dalam wadah kedap udara.



Sabtu, 15 April 2017

MILO BALL

Punya anak kecil di rumah yang suka ngemil kayak anak sayaaaa? Ini bisa jadi pilihan favorit. Tapi bikinnya dikit2 aja ya, soalnya harus cepet habis karena taburan milonya cepet keras klo kena angin ( macam susu bubuk lainnya ituuu ). Nyokelat pastiiiii, dijamin doyan,,,,,, iyalahhhh...... Anak kecil ini udah cemal cemil aja sebelum di foto mamanya, jadi aku bikin 2 resep sekaligus dari resepnya mbak Ayu, makasih yaa mbak......


MILO BALL
( @ayudiahrespatih )
 Bahan:
20 keping biskuit marie (Regal)
100 ml susu kental manis coklat
40 gr Milo + ekstra untuk taburan.

Cara Membuat:
Blender biskuit hingga halus. Aduk rata dengan milo. Masukkan Susu kental manis, aduk rata bentuk bulat. Taburi dengan Milo. Sajikan.


Senin, 10 April 2017

WAFER COOKIES



Penasaran kan ceritanya sama cookies satu ini udah dari jaman dulu, hahaha tapi bayangin kok susah ya kayaknya. Gitu ya kalau cuma bayangin aja dan gak langsung bikin yang ada males sama susah. Ternyataaaaaa, hahaha gak pakai susah sama sekali dan terbilang cukup mudah. Jadiii yang belum pernah nyobain cookies ini jangan bayangin yang susah-susah dulu. beneran mudah dan cepet kok. Yukkk bikin buat lebaran bentar lagi :) satu resep ini saya jadi 2 loyang ukuran 30x30 cm.
Makasih share resepnya ya mbak Hesty .......peyukkkkkk dari jauhhh.


WAFER COOKIES 
( dari blog mbak Hesty )

Bahan A :
200gr margarine ( saya mix butter ) 
100gr butter 
2 kuning telur 

Bahan B :
450gr terigu 
50gr susu bubuk 
100gr gula halus 

Bahan Olesan :
1 kuning telur 
1 sdm susu 

Isi dan Taburan : wafer favorit (aku pakai wafer Selamat) keju parut buat hiasan 

Cara membuat: :
Mixer bahan A sebentar saja asal rata. Masukkan bahan B aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Giling adonan dengan rolling pin lalu isi dengan wafer lalu gulung dan ratakan dengan tangan lalu potong-potong dengan pisau tajam. Oles atasnya dengan kuning telur dan hias dengan keju parut. Panggang dengan suhu sekitar 150°c kurang lebih 25 menit. 

Sedikit tips: - agar wafer lengket dengan adonan dioles dulu wafernya dengan putih telur - saat ngeroll adonan jangan terlalu tipis nanti jadinya lengket-lengket - saat memotong pun gunakan pisau tajam agar wafer tidak remuk





Minggu, 09 April 2017

ONDE - ONDE KETAWA PANDAN

Paling sering bikin si onde ketawa ini, biasanya selalu bikin yang original yaaa, kali ini nyoba dikasi pasta pandan. Ternyata hasilnya juga cantik, hampir gak berubah warnanya. Api harus beneran dijaga biar warnanya tetep hijau cantik, kalau api terlalu besar nanti warnanya jadi hijau kecokelatan. Dan resepnya masih tetep pakai resep dari NCC, anti gagal deh resep ini.  Oh iya wijennya saya kasih wijen hitam juga biar beda penampakannya si onde ketawa ini, dan itu bukan wijen gosong ya :)



ONDE- ONDE KETAWA ( NCC )

Bahan :
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder double acting
150 gr gula pasir 50 gr margarin
1 sdt pasta pandan
4 butir telur

Bahan lain :
1 mangkuk air
100 gr wijen putih
1 liter minyak goreng

Cara membuat :
Campur tepung terigu dan baking powder, aduk rata dan sisihkan
Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu dan pasta pandan sambil tetap dikocok sampai mengembang, matikan mixer. T
uang campuran tepung terigu ke dalam adonan telur, aduk rata dan ulen perlahan sampai bisa dipulung Bentuk bulat seperti bola ping pong, celupkan sebentar ke dalam air dan langsung gulingkan di atas wijen putih.
Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan, sampai berwarna kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan dan dinginkan.
Simpan dalam wadah kedap udara.

Rabu, 05 April 2017

KUE KERING KISMIS COKELAT SERUT

Ngecookies ini sebenernya bua setoran group baking bareng di Instagram, iyaaa group yang awalnya saya dan temen di jakarta juga di gurun sana suka janjian baking bareng, akhirnya kita bikin group di WA hahahaha chat hanya berempat aja, beda waktu di gurun gak matahin semangat. Setelah kita bikin kita share di Instagram sama Facebook, ehhh tenyata ada yang minat. Sampai akhirnya di group WA banyak, MasyaAllah meskipun kenal juga dari gara - gara baking kita sudah kayak keluarga sendiri, tiap hari ada aja yang diobrolin dari tema group sampai masalah lain. karena banyak yang tinggal di Luar Negeri jadi chat 24 jam tetep on. MasyaAllah..... sayang kalian semua :)


Bahan :
50 gram kismis, dipotong dua ( saya potong jadi kecil-kecil )
20 gram cokelat masak pekat, diparut, dibekukan
180 gram margarin
100 gram gula tepung
1 kuning telur
1 sendok makan susu cair
290 gram tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh baking powder

Cara Membuat :
  1. Rendam kismis dengan 1 sendok makan rhum. Sisihkan ( saya gak pakai rhum hanya pakai air hangat )
  2. Kocok margarin dan gula tepung 40 detik.
  3. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.
  4. Masukkan susu cair. Kocok rata.
  5. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  6. Masukkan kismis dan cokelat masak pekat parut. Aduk rata.
  7. Gulung dan bentuk balok mamanjang. Bungkus dengan plastik. Bekukan 30 menit dalam freezer.
  8. Potong-potong. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
  9. Oven 25 menit dengan suhu 150 derajat Celsius.







Kamis, 05 Januari 2017

SPECULAAS KENARI

Kue kering yang bikin dengan rasa rempah ini ada yang suka...... ? kalau saya suka tapi anak-anak gak suka. Katanya seperti bau jamu ...... nahhh lohhh udah bikin satu resep jadinya banyak kan, kirim ke mama akhirnya. Kalau mama suka kue-kue rasa seperti ini .  Kue kering ini teksurnya kokoh tidak mudah patah, di resep bila suka manis bisa ditambah sampai 50 gram untuk gulanya, tapi saya gak nambah ini udah pas menurut saya.


Speculaas Kenari

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr        Tepung terigu
100 gr        Gula palem
125 gr        mentega
1 sdm         Bumbu spekoek
2 sdm         Susu cair
50 gr          Kacang Kenari/Kacang Mede, panggang, cincang kasar

 Cara Membuat:

  1. Kocok gula palem dan mentega hingga lembut, masukkan campuran tepung dan bahan-bahan lainnya, aduk rata hingga adonan dapat dipulung.
  2. Gilas adonan setebal 3 mm, cetak sesuai selera dan letakkan pada loyang datar yang telah dioles margarin.
  3. Panggang dalam oven dengan suhu 150°C selama 30 menit hingga matang, angkat.




Rabu, 23 November 2016

SEMPRIT COKELAT NCC


Salah satu alasan  kenapa saya suka kue kering semprit,,,,,, saya suka nyetaknya, nyetak kue semprit itu sesuatu banget. Cantik begitu kesan pertama. Rasanya saya jelas suka donk, nurun deh ke anak-anak semua pada suka. Kue kering cokelat NCC ini saya bikin malem-malem sama dedek Kenzie, tau kan kalau anak kecil ikutan ke dapur lihat mamanya bikin kue suka colekin adonan, ehhhh gitu tau rasanya adonan kue kering ini dia gak mau berhenti kalau gak distop. Gak sabaran banget nunggu matengnya. Saya pakai full butter jadi aromanya nyebar ke mana-mana......
butter campur cokelat beneran bikin gak mau berhenti maemnya kalau gak inget ini mau difoto udah habis aja dimaem rame-rame bareng kiddos :)
Cokelat bubuk pakai yang kualitas bagus yaaa, biar rasa cokelatnya gak pahit.


SEMPRIT COKELAT NCC

Bahan :
  • 300 gr margarin ( saya pake full butter Anchor )
  • 350 gr tepung terigu protein rendah ( saya pakai Kunci Biru )
  • 50 gr cokelat bubuk ( saya pakai Bensdorp )
  • 2 butir kuning telur 
  • 200 gr gula halus ( saya Gulaku diblender )
  • 1 sdt vanilla
Bahan Tambahan : Chocolate Chips

Cara membuat :
  1.  Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk dan vanilla yang sudah diayak , aduk rata.
  4. Masukka adonan ke dalam plastik segitiga, cetak menggunakan spuit bintang nomer 4B ( saya pakai spuit 1M). Beri hiasan chocolate chips di tengagnya.
  5. Panggang dalam oven dengan duhu 140'C selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Selasa, 06 September 2016

SEMPRIT MOCAF


Semprittt lagi,,,,,, beda ya, ini sempritnya pakai tepung mocaf. Rasanya sama dengan tepung biasa sih. Sayang tepung mocaf ini gak ada di Lumajang dan harus beli online. Beli dari Bandung kapan hari itu dan masih ada sisa 1 bungkus yang siap buat uji coba lagi :)
Kata temen yang sudah pakai tepungnya dikurangin dari ukuran resep, misal 100 gr tepung terigu, kalau pakai mocaf cukup 90 gr aja. Tapi aku kemarin sesuai ukuran gak dikurangin :)


SEMPRIT MOCAF

Bahan :
  • 100 gr margarin
  • 50 gr butter
  • 100 gr gula tepung
  • 2 kuning telur
  • 175 gr mocaf / tepung segitiga biru 
  • 25 gr maizena
  • 25 gr susu bubuk
Cara membuat :
  1. Kocok margarin, butter dasn gula tepung 2 menit sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur, kocok rata.
  3. Masukkan tepung terigu atau mocaf, maizena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Masukkan dalam kantung plastik segitiga dan beri spuit. 
  5. Spuit adonman di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin.
  6. Oven dengan api bawah suhu 180'C sampai matang atau sekitar 20 menit.




Minggu, 04 September 2016

FULL BUTTER COOKIES

Yess akhirnya kesampaian bikin  full butter cookies NCC ini, lumerrrr dan pasti rasa dan aroma butternya berasa banget. Sengaja dicetak gini biar cepet selesai dan bisa dibawa ke depan TV nyetakinnya.  Duhhh begitu dipanggang aroma butternya penuh deh ke semua ruangan di rumah.
Yang belum pernah bikin pakai resep ini, yukkkk dicoba siapa tau cocok,  ntar lebaran bisa buat salah satu hidangan kue lebaran. Kalau aku udah cocok yaaaa, jadi dipastikan ini masuk daftar deh buat salah satu kue kering lebaran nanti.
Namanya full butter yaa udah pastikan pakai butter yaaa, di IG dan FB kemarin sempet banyak yang kirim pesan dan nanya bisa gak butternya diganti margarin ?, jawabnya : bisaaaaa.ditanya lagi, rasanya gimana ? nah ini yang pasti rasanya ntar jelas beda, gak akan sama dengan yang beneran pakai butter......  yukkk ahh biar gak penasaran dicoba aja dulu yaa, gak bakalan nyesel :)

FULL BUTTER COOKIES 
( Ibu Fatma Bahalwan )

Bahan :
  • 300 gr butter ( saya pakai Anchor )
  • 150 gr gula halus ( saya pakai gulaku terus diblender )
  • 3 butir kuning telur 
  • 400 gr tepung protein sedang / Rendah ( saya pakai Kunci Biru )
  • 75 gr susu bubuk ( saya pakai full cream )
  • 1 sdt vanili
Cara membuat :
Campur butter dan gula halus, mixer sebentar aja, sekedar supaya tercampur rata.
Masukkan kuning telur, mixer lagi sebentar sampai rata saja.
Masukkan tepung terigu dan susu bubuk juga vanili, aduk dengan sendok kayu sampai rata.
Cetak sesuai selera, panggang di oven dengan suhu 150'C sampai matang.



Senin, 22 Agustus 2016

CHEESE BALLS


Dari dulu pengen banget buat cookies satu ini, tapi giliran mau bikin selalu ada aja alasan dan termasuk faktor males juga . Beli sih biskuit keju tapi ujung-ujungnya cuma dicemilin gitu aja biskuitnya. Nah karena udah penasaran banget sama rasanya nekad banget deh bikin, bikinnya ini juga waktu lebaran kemarin. Eh ternyata bikinnya gak seriwuh yang aku bayangkan, bahkan terbilang cepet lhoo. Kalau biskuit yang ngeju gini sukaannya dedek Kenzie banget. Udah dipastikan begitu mateng udah cemil-cemil mana waktu dioven harum butter sama kejunya bikin wangi seluruh ruangan di rumah, dedek Kenzie makin pengen cepet mateng aja cookiesnya :)
Lumer ini cookiesnya, jadi ada lagi varian cookies keju biar gak melulu kastengel yang asin-asin.



CHEESE BALLS
( Ibu Fatma Bahalwan )

Bahan :
  • 400 gr margarine ( aku 200 gr butter 200 gr margarin )
  • 2 butir kuning telur
  • 150 gr keju edam, parut
  • 150 gr keju Chedar, parut
  • 350 gr tepung terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • 100 gr biskuit keju, haluskan dan ayak ( aku pakai Saltcheese Khong Guan )
  • 250 gr biskuit keju, haluskan untuk memanir  
Cara Membuat :
  1.  Kocok margarine dan kuning telur selama 5 menit, matikan mixer.
  2. Masukkan keju edam dan keju cheddar, aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan 100 gr biskuit halus, aduk rata.
  4. Timbang adonan masing-masing 8 gr, bulatkan. Gulingkan pada biskuit halus, letakkan pada loyang kue kering. lakukan pada semua adonan.
  5. Panggan dalam oven selama 30 menit, pada suhu 160'C atau hingga matang.
  6. Angkat, dinginkan dan susun dalam wadah kedap udara.

Selasa, 02 Agustus 2016

NASTAR


Kue lebaran di rumah kemarin yang ini juga gak pernah dan gak boleh absen di rumah, kenapa.... ? soalnya aku sama anak-anak pada suka. Aku kalau masalah nastar udah gak ganti-ganti resep masih setia resep dari NCC. Kali ini isiannya aku gak bikin sendiri soalnya waktunya udah mepet banget bikinnya, jadi beli selai nanas yang ada di TBK, rasanya juga gak kalah sama yang bikin sendiri kok, terus si selai emang khusus buat nastar yaa jadi otomatis gak lembek gitu. udah tinggal bulet-buletin aja, masuk kulkas dan siap dipake buat isian. Ohh iya ceritanya aku itu beli alat penjepit nastar di mbak Rika Cetakan Kue, kalau gak salah beli 3 macem deh, yang penjepit, rolling sama papan gitu. Ehhh giliran mau dipake entah kemana semua cetakan itu, akhirnya beli penjepit di tbk yang bahannya cukup berbahaya deh aku nyebutnya agak tajem gitu. jadi habis pakai kemarin langsung buang aja daripada kena di tangan...... :) Udah selesai bikin alatnya pada ketemu, dan jelas gak ketemu waktu dicari soalnya masuk di kotak mainan dedek Kenzie ......
sebenenya bikin nastar gini 2 kali kerja yaaa, harusnya habis dibuletin langsung taruh di loyang, ini masih dibentuk lagi tapi gak apa-apa demi si nastar bunga dibela-belain deh meskipun bentuknya belum cakep :)


Bahan :
  • 250 gr margarin ( Blue Band )
  • 250 gr Mentega ( aku100 gr Wijsman 150 gr Anchor )
  • 100 gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • 700 gr tepung terigu
  • 4 sdm susu bubul full cream
Bahan Olesan :
  • 3 butir kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair
Cara membuat :
  1. Kocok Sebentar margarin, mentega, gula dan telur. Cukup sampai tercampur rata saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Jepit dengan menggunakan jepit khusus nastar smpai menyerupai kelopak bunga. Taruh di loyang berijarak anatar satu dentgan yang lain.
  4. Oven dnegna suhu 140'C selama kurang lenih 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan , oven lagi hingga berwarna kuning mengkilap.
  5. Amgkat biarkan dingin. Sususn dalam toples, tutup sampai rapat.
Bahan Selai :
  • 4 buah nanas palembang, parut atau blender.
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 potong kayu manis
Cara mebuat :
Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.


Senin, 01 Agustus 2016

PUTRI SALJU


Ini  putri salju spesial banget deh buat aku. Kenapa spesial..... iyaaa putri saljunya gak ada campuran kacang-kacangannya. Secara aku itu gak doyan kacang, jadi resep yang baru pertama aku bikin ini udah pasti akan hadir tahun depan lagi di meja buat suguhan. Meskipun anak-anak pada protes kok putri saljunya gak ada campuran metenya tapi tetep doyan kok anak-anak, karena ini putri salju lumer dan enak banget.   Yang gak doyan kacang-kacangan resep ini recomended deh buat dicoba......
Resepnya dari Blog mbak Camelia, aku gak merubah sedikitpun resepnya. Asli persis sama resep yang ditulis mbak Camelia.



Bahan :
  • 300 gr Margarin ( saya pakai Blue Band )
  • 100 gr Butter ( saya pake Wijsman )
  • 400-450 gr tepung terigu Protein rendah (saya 450 gr )
  • gula halus
  • gula donat / gula dingin 
Cara membuat :
  •  Dalam wadah campur margarin dan butter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tecampur rata dan terasa ringan.
  • Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas kurang lebih 15 menit.
  • Keluarkan dari kulkas, bentuk sesuai selera. Panggang dalam oven sampai matang. Setelah matang panas-panas lumuri dengan gula halus. Sisihkan.
  • Setelah dingin lumuri kembali dengan gula donat / gula dingin. Sajikan.