Tampilkan postingan dengan label Masakan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Masakan. Tampilkan semua postingan

Selasa, 13 Juni 2017

NASI BAKAR PAMPIS TUNA


Nasi bakar itu favorit sih sebenernya di rumah, tapi akunya gak pinter bungkus. Jadi kalau bikin selalu minta dibungkusin, tapi kemarin waktu bikin ini bungkus sendiri karena diajari temen-temen di group yang bungkusnya tanpa pakai lidi, jadi cuma digulung ujungnya diplintir terus ditekuk dan dimasukkan ke dalam gulungan. Dan hasilnya memuaskan buat aku, jadi rapi. 
Cepet ternyata, dan ikan pampis ini kesukaan semua anggota keluarga jadi udah dipastikan donk nasi bakarnya laris manis.....
Biar cepet kalau bikin, pampisnya bisa dimasak sehari sebelumnya ya.





NASI BAKAR PAMPIS IKAN TUNA

Bahan Nasi:
600 gram beras, dicuci bersih
1 sendok teh garam 
4 lembar daun salam 
4 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
6 butir cengkeh ( suka gak pakai, anak2 gak suka rasanya )
1000 ml santan dari 1butir kelapa 
daun pisang untuk membungkus 
Cara membuat :
rebus santan, garam, daun salam, serai, dan cengkeh
sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan beras. Aduk sampai meresap. Kukus 30 menit sampai
matang.

PAMPIS IKAN TUNA / TONGKOL PEDAS
( Source : Just Try & Taste )
Bahan :
1 ekor ikan tuna / tongkol seberat 1 1/2 kg
5 lembar daun jeruk purut , rajang halus
1 lembar daun pandan rajang halus
1 lembar daun kunyit rajang halus
3 batang daun bawang rajang halus
2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan :
15 buah cabe merah keriting
5 buah cabe rawit merah
2 batang serai ambil bagian putihnya
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
2 cm kunyit
Bumbu lainnya :
2 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk ( optional )
Cara membuat :
Siapkan ikan tongkol, lumuri permukaannya dengan1/2 sdt garam dan 1 sdm air jeruk nipis. Kukus selama kurang lebih 30 menit, cek dengan garpu bila masih terlihat kemerahan kukus kembali.
Biarkan ikan menjadi dingin, suwir-suwir hinga menjadi serpihan kecil, buang durinya sisihkan.
Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun jeruk, daun kunyit dan pandan, aduk rata.
Masukkan ikan tongkol, aduk hingga bumbu tercampur rata, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, cicipi rasanya. Masak ikan hingga menjadi kering, tambahkan daun bawang aduk rata dan masak kembali hingga daun bawang layu dan matang.

Ambil selembar daun pisang, beri nasi kira2 150 gr, bagian atas beri pampis ikan tuna / tongkol. Gulung dan bungkus, bisa di semat pakai lidi, saya gak pakai. Lakukan sampai habis, lalu bakar. 












Kamis, 20 April 2017

BURGER NASI

Kalau anak-anak lagi bosen maem nasi gitu-gitu aja ini bisa jadi salah satu variasi. Anak-anak suka banget sama burger nasi, buat isian dagingnya bisa pakai daging burger yang siap pakai, tapi kalau lagi gak males ya bikin sendiri, toh bikinnya juga gampang kok. Lebih sehat karena tanpa bahan pengawet tentunya.  Untuk nasi bisa tanpa dikasih sayur, bisa polosan gitu aja. Next saya upload yang nasi tanpa campuran sayur ya.


BURGER NASI
Bahan :
2 ikat bayam direbus, dicincang halus
800 gr nasi pulen hangat
4 lembar daun selada
50 gr saus tomat

Bahan isi :
1 buah wortel, parut
300 ayam giling ( aku pakai daging sapi )
2 sdm tepung roti
1 sdt pala bubuk
1 sdt garam
1 1/2 sdt kecap inggris
1/2 sdt kecap manis
1 butir telur

Cara membuat :
Campur bahan Isi : bentuk bulat tebal 1 cm cm diameter 6 . Pangganh di atas pan, balik sampai matang. Sisihkan.
Pipihkan nasi di dalam ring diameter 6 cm tinggi 1 1/2 cm.
Tata nasi, daun selada, ayam saus tomat dan nasi lagi. ( aku tambahkan mayonaise juga )




Rabu, 24 Agustus 2016

BOLA - BOLA MISOA


Bola-bola misoa ini dimakan anget-anget sama cabe rawit atau saos sambal enak, tapi kalau aku suka pakai cabai rawit aja. anak-anak baru pakai saos sambal.  Misoa beda lhoo ya sama bihun ataupun soun. Soalnya kadangbanyak yang ngira misoa adalah soun.....
Ehhh iyaa aku kalau bikin ini kadang buat isian kulit lumpia, Kulit lumpia pilih yang tipis dan lentur. besok-besok di upload jugaa yaaa yang aku bikin buat isian kulit lumpianya.



BOLA-BOLA MISOA
Bahan :
  • 100 gr misoa, rebus
  • 180 gr daging ayam giling
  • 100 gr wortel, potong kotak-kotak, rebus.
  • 4 siung bawang putih cincang halus
  • 4 sdm tepung terigu protein sedang
  • 170 ml air
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt kari bubuk
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • 1 tangkai seledri iris halus
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 2 butir telur kocok lepas untuk pencelup
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat :
  1. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
  3. Masukkan wortel, misoa, kaldu ayam bubuk, kari bubuk, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk rata, biarkan dingngin.
  4. Bentuk bola-bola. Celup ke telur. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

Senin, 01 Februari 2016

CHICKEN DRUM STICK



Kalau namanya ayam dimasak apa aja anak-anak pasti suka nah ini juga salah satu favoritnya anak-anak di rumah. Buat bekal sekolah sih biasanya, tapi  bikinnya juga sering kalau ada ponakan datang. Jadi kalau mau datang suka bbm minta dibuatin ini. Kalau aku bikinnya gak mau ribet, kalau mau ponakan datang kan bikinnya porsi banyak, jadi aku akalin aku kukus dulu setelah dibentuk, baru dibumbuin lalu balut tepung. Kalau bikinnya cuma dikit yaaa gak usah, kan juga langsung dimakan. Dikukus dulu biar lebih tahan lama di kulkas, dan dalemnya juga waktu digoreng cepet mateng.

Bagi yang beleum pernah bikin gak usah bayangin ribetnya, gak ribet kok. Malah seneng pas bikin bentuknya, yukkkkk bikin chicken drum stick sendiri  buat anak-anak tercinta di rumah :)


Bahan :
  • 10 buah sayap ayam 
Bumbu :
  • 4 siun bawang putih
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 50 ml susu cair
Pelapis :
  • 300 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 200 gr tepung panir
Cara membuat :
  1. Potong sayap ayam, ambil bagian yang banyak dagingnya. Kerat urat ujungnya. Kumpulkan daging ayam pada ujung sendinya sampai membentuk drum stick.
  2. Campur semua bahan bumbu, aduk rata lalu masukkan ayam, rendam dan simpan dalam lemari es selama 15 menit.
  3. Gulingkan ayam pada tepung terigu, lalu celupkan pada putih telur yang sudah dikocok. lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Kepal-kepal biar bulat. Simpan di kulkas 1 jam .
  4. Goreng sampai kekuningan di minyak yang sudah dipanaskan terlebih dulu.
  5. Sajikan hangat.
Nahhhh kebukti gak ribet kan...... :)





Sabtu, 02 Januari 2016

RAWON BANDENG

Masih olahan ikan Bandeng, ceritanya kemarin itu waktu ke pasar lihat ikan Bandeng yang seger-seger seneng liatnya, habis pilih-pilih ehhh udah 3 kg sendiri, mau dibalikin ke tempatnya sayang  banget, yaa udah akhirnya di beli semua. Meskipun anak-anak gak suka ikan Bandeng kecuali di Presto karena durinya itu lembut-lembut banget, jadi males makannya anak-anak. Lihat segitu banyaknya ikan jadi search ke Sajian Sedap ehh ternyata ada yang dibikin rawon. Jadi penasaran kan aku akhirnya liat resep ini, setelah dicoba ternyata hasilnya gak ngecewain lhooo, ena dan gak amis. Warnanya juga hitam seperti rawon daging sapi. Mana aku itu favoritnya rawon jadi suka deh sama rawon baru ini,  si rawon bandeng :)


Bahan-bahan :
1 ekor bandeng ukuran sedang, potong-potong
6 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
1.000 ml air
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, potong 1 cm
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir kemiri, sangrai
8 butir bawang merah
5 buah keluak, ambil isinya, seduh
2 cm kunyit, bakar
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Rawon Ikan Bandeng:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Masukkan bandeng. Aduk hingga berubah warna.
  2. Tuang air. Aduk rata. Tambahkan garam dan gula. Masak di atas api kecil sampai matang.
  3. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang. Aduk rata.




Jumat, 01 Januari 2016

PINDANG SERANI



Pindang serani adalah makan khas dari Kota Jepara Jawa Tengah yang berupa olahan dari ikan laut. Rasa Pindang  Serani merupakan perpaduan rasa pedas, asem dan manis yang umumnya dosajikan siang hari. Meskipun namanya Pindang Serani tapi masakan ini bukanlah menggunakan ikan pindang melainkan menggunakan ikan Bandeng, Pindang hanyalah sebuah nama masakan ( Sumber Wikipedia ).

Secara Suami orang Pati yang deket sama Jepara jadi masakan ini udah gak asing lagi, asli seger deh makan siang-siang pakai lauk ini.


Bahan-bahan :
2 ekor ikan bandeng, masing-masing potong 3 bagian
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sendok teh garam
10 buah bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
2 buah cabai merah besar, iris miring
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, iris
4 cm kunyit, bakar,
2 buah tomat, potong-potong
6 buah cabai rawit merah
1/2 sendok makan garam
1 sendok teh gula pasir
1.750 ml air

Cara Membuat :
  1. Lumuri ikan bandeng dengan air jeruk nipis dan garam. Sisihkan.
  2. Rebus air, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, dan kunyit sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan bandeng, tomat, cabai rawit, garam, dan gula pasir. Masak di atas api sedang sampai matang.



Sabtu, 26 Desember 2015

CUMI SAUS PADANG


Cuminya dimasak gak item kali ini, jarang banget masak cumi dibuang tintanya. Lhaa anak-anak sukanya dimasak item ataupun dibuat cumi goreng tepung. Kali ini yang makan aku sama papanya,  anak-anak udah dibikin yang goreng tepung. Ehhh ini rasanya asem manis gitu, enak kok. tapi kalau aku sih tetep lebih suka yang goreng tepung aja, karena papanya anak-anak minta bumbu yang asem manis gini, gugling dapet resep Sajian Sedap yaaa udahlah ini aja, toh ada saus tomatnya juga pasti ada asemnya. Oh iyaaa si kakak yang gak doyan cumi berbumbu gini ikut nyicipin juga bilang enak, jadiiii yaa udah bisa dipastikan donk ini bakalan jadi salah satu menu favorit baru.


Bahan-bahan  :
    500 gram cumi, dicuci bersih dan dipotong ring 11/2cm
    1 sendok teh air jeruk lemon
    1 buah bawang bombay, dipotong panjang
    3 siung bawang putih, dicincang kasar
    2 buah cabai merah besar, dipotong miring dan dibuang bijinya
    1 sendok makan saus tiram
    2 sendok makan saus tomat
    1 sendok makan saus sambal
    1/4 sendok teh merica bubuk
    50 ml air
    1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air, untuk mengentalkan
    1 batang daun bawang, dipotong miring
    2 sendok makan margarin untuk menumis
Cara Pengolahan :
1. Lumuri cumi dengan air jeruk lemon.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah besar sampai harum. Masukkan cumi. Aduk rata.
3. Masukan saus tiram, saus tomat, saus sambal, dan merica bubuk. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih.
4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental dan meletup-letup.
5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.




Minggu, 20 Desember 2015

DAGING MANIS


Masakan seperti ini dulu paling sering dibuat mama buat sarapan, kenapaaaa sering iyaaa saya suka banget masakan yang berasa manis. Kadang kalau gak keburu setelah mateng gini dagingnya sama mama suka dibakar,  versi bakarnya gak kalah enak. Hahahha jadi pengen versi bakarnya niy ...... ( berasa laper ). 
Masakan mama itu apa aja berasa enak, semua juga gitu kan ? bukan aku aja yang menilai masakan mamanya paling enak sedunia :)
Sayang sekarang udah jarang mama masak seperti ini, seringnya masakan mama yang serba kukus, punya tensi tinggi jadi masakannya serba kukus sekali-kali boleh lah yang digoreng. Tapi gak susah sih kalau pengen makan masakan ini soalnya aku juga udah bisa bikin sendiri. Rasanyaaaaaaa? tentu aja sama enaknya kayak punya mama, 9-10 gitu lahhhh.  Eitss aku 9 mama 10. Meskipun resepnya sama dari klipingan mama, tetep aja gak bisa mirip seratus persen kalau masakan, beda tangan beda rasa yaaa, kecuali bikin cake, cookies. Sesuai resep sesuai bahan rasanya djamin sama. 


DAGING MANIS PEDAS
(Tabloid SAJI 2007 )

Bahan :
  • 500 gr daging sapi sandung lamur, dipotong-potong
  • 1  sdt air asam jawa ( dari 1 sdt asam dan 1 sdm air )
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm gula merah, disisir halus
  • 750 ml air
  • 4 buah cabai merah dibuang bijinya, diiris serong
  • 4 butir bawang merah, diiris tipis
  • 1 sdm minyak untuk menumis
Cara membuat :
  1. Lumuri daging dengan air asam, garam, gula merah. Remas-remas. Diamkan 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis daging sampai berubah warna.
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil dimasak sampai matang dan bumbu meresap.
  4. Tambahkan cabai merah dan bawang merah. Aduk sampai layu dan matang.




Selasa, 08 Desember 2015

TONGKOL ASAP TUMIS TOMAT HIJAU


Hallooooo apa kabar, hihihi baru muncul setelah minggu-minggu kemarin gak enak badan. Alhamdulillah sekarang masih diberi kesehatan. Ehhh bukan berarti libur ngeblog terus gak berbikin-bikin gitu, acara masuk dapur teteupppp donk meskipun yang dibikin yang simple-simple aja. Emang perasaan vero gak pernah bikin yang susah-susah yaaa :)
Seperti kali ini yang dibikin masakan yang masih gampang gak ribet. Secara keburu laper kalau masak ribet, ini aja udah masak ngebut deh,  mau difoto dan ngejar sinar matahari yang keburu gelap. Masakannya meskipun simple enak lho dan dijamin boros nasi deh :)


TONGKOL ASAP TUMIS TOMAT HIJAU
( Sajian Sedap )

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram tongkol asap
3 buah tomat hijau, dipotong-potong
2 lembar daun salam
3/4 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh air jeruk nipis
300 ml air
4 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kunyit
5 buah cabai merah


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, tomat hijau, dan daun salam sampai harum.
  2. Tambahkan tongkol asap, garam, gula, dan air jeruk nipis. Aduk sampai rata.
  3. Masukkan air sedikit–sedikit. Aduk sampai bumbu meresap.

Sabtu, 14 November 2015

TINORANSAK


Makanan khas Sulawesi Utara ini patut dicoba deh, rasanya enak seger pedes. Tadinya waktu mau bikin sempet ragu takut rasa daun jeruknya berasa benget dan getir. Ehhh ternyata setelah mateng dugaanku salah besar, rasa daun jeruk gak dominan. Asli enak pokoknya, apalagi yang suka pedes bakalan gak kecewa cobain resep ini. Masakan ini masuk salah satu menu favorit aku :)

Oh iyaaa kalau menurut aku sih masakan ini enak disajikan hangat, jadi kalau masak ini mending waktu mau makan baru masak, tohh masaknya cepet..... .aku aja kemarin waktu pulang kantor masaknya, dan buru- buru nyempetin foto karena udah mendung gitu, di spot favorit meja yang bulukan itu udah gak dapet cahaya, jadilah fotonya di pintu belakang berharap masih dapet cahaya lebih.


Bahan :
500 gram daging sandung lamur, potong 2x2x1 1/2 cm
2 batang serai, ambil putihnya,
1 3/4 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir
750 ml air
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Tumbuk Kasar:
10 butir bawang merah
5 buah cabai rawit merah
10 buah cabai hijau besar
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm jahe
2 cm kunyit, bakar

Cara Membuat Tinoransak :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu tumbuk kasar dan serai sampai harum. Tambahkan daging. Aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan garam dan gula pasir.  Aduk rata.
3. Tuang air secara bertahap. Masak sampai matang.
4. Sajikan hangat.



Jumat, 13 November 2015

TUMIS DAUN PEPAYA JEPANG


Banyak yang belum mengenal daun pepaya jepang ? ( silahkan search geogle yaaa lupa gak difotoin ) awalnya aku gak tau juga sih kalau sayuran ini bisa dimakan. Di daerah rumah ibu-ibu kok yaa pada nanem di halaman belakang rumah maupun di pinggir-pinggir jalan. Dan kerena penasaran aku ngikut nanem juga di halaman belakang, nanemnya sih cuma 3 batang. Ehhh ternyata nanemnay gak susah banget asal di tancepin ditanah dan kadang suka lupa nyiram itupun daun pepaya ini tumbuh subur. Karena gak tau bisa dibuat masakan apa aja, yaa udah tiap metik palingan direbus aja buat lalapan. Ehhh kapan hari liat postingan mbak Rina Audie kok dibikin tumisan, akhirnya kepengen juga bikin tumisan ini.
Sayang baru hari ini kesampaian bikin, kata mbak Rina enak dan rasanya emang benar enak deh gak pahit. Daun pepaya ini beda sama daun pepaya buah itu. jadi nambah lagi kan varian tumisannya :)



Bahan :
200 gr daun pepaya jepang, ( rebus sampai setengah layu, potong-potong )
150 gr tempe, potong-potong
75 gr teri medan
1 papan petai, kupas potong jadi dua
4 buah cabai merah , iris serong
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih ,iris halus
1 buah tomat potong jadi 4
8 buah cabe rawit potong serong
250 ml air
1 sdt saus tiram
garam, gula secukupnya

Cara membuat :
  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit sampai harum, masukkan tomat aduk rata. 
  2. Tuang air, masak sampai mendidih. Tambahkan tempe dan teri medan.
  3. Masukkan sayur pepaya jepang, petai aduk rata.  Tambahkan gula, garam dan saus tiram. Aduk rata.
  4. Masak sampai matang.

Minggu, 11 Oktober 2015

LELE MASAK SANTAN KEMANGI


Minggu pagi yang cerah, pengennya habis Subuh tuh tidur lagi sampai agak siang,,,,,, tapi apa daya bunyi klakson sepeda tukang sayur udah tan tin tan tin depan rumah. Jadilah rencana mbangkong ( tidur bangun siang ) tinggal impian.  Belanja dan udah dipastikan terus masak..... :)
Bikin menu yang favoritnya di kantin kantor aja, secara resepnya udah diajarin sama bu kantin yang baik hati :)
Tapi di sini gak pake cabe yang diulek gitu, mbak Dinda gak doyan pedes, Jadi cukup cemplungin cabe utuh aja. Sebenernya sih resepnya sederhana banget, tapi kalau dah makan pakai lauk ini jadi pengen nambah terus alias boros nasi dan kasihan di timbangannya yang gerak cepat ke arah kanan :)


Foto yang buru-buru jadi gak konsen deh, ada 6 foto tapi kok yaa sama burem gak jelas gitu, dan ini lumayan deh daripada tiga foto lainnya :)

Bahan :

  • 1 kg ikan lele, bersihkan
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 8 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi goreng
  • garam dan gula secukupnya
  • 1 ikat daun kemangi
  • cabai secukupnya
Cara membuat :
  1. Goreng ikan lele dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai agak kering.
  2. Rebus bawang merah, bawang putih dan cabai sampai matang. Haluska, tambahkan terasi goreng.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih  terasi dan cabai  yang sudah dihaluskan sampai harum, masukkan santan. Tambahkan gula pasir dan garam. incipi sesuai selera.
  4. Tambahkan ikan lele, aduk rata.  Masukkan daun kemangi, aduk rata.
  5. Biarkan santan dan bumbu  sampai agak menyusut. Angkat . Sajikan.


Minggu, 30 Agustus 2015

TELUR BUMBU RUJAK



Masakan simpel ini bisa juga disajikan saat lebaran lhoo. Kalau aku sendiri lebaran malah gak pernah masak, soalnya selalu mudik ke rumah mertua di Pati Jawa Tengah. Jadi di rumah sepi, paling ada cuma kue-kue aja di meja, tapi bukan berarti di rumah gak siap makanan, tetep ada bumbu dari bumbu merah, kuning dan putih. Kenapa nyetok bumbu ? soalnya meskipun mudik di rumah masih ada saudara yang datang dan biasanya mama yang masakin, jadi bumbunya udah siap di kulkas tinggal cemplung-cemplung aja biar mama gak ribet gitu ceritanya.
Kembai ke telur bumbu rujak ini ya, telur yang dipakai bisa telur puyuh, karena di rumah telur puyuhnya udah habis buat sate telur puyuh kemarin, jadi sekarang pake telur ayam aja. Rasanya sama aja kok. Kalau di rumah sukanya digoreng sampai berkulit banget gitu habis direbus.
Resepnya dari Sajian Sedap.....



Bahan-bahan :
8 butir telur ayam, rebus, goreng berkulit
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah sisir
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
5 buah cabai merah keriting
3 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 butir kemiri, sangrai


Cara membuat telur bumbu rujak:
  1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai sampai harum. Masukkan telur. Aduk rata.
  2. Tambahkan garam, gula merah, dan santan. Masak sambil diaduk sampai meresap.

Minggu, 23 Agustus 2015

TUMIS BUNCIS PEDAS

Tumis kesukaan aku banget, tapi anak-anak kalau yang namanya tumis buncis wortel pada gak doyan kecuali buat sop daging. Berhubung anak-anak gak ikut makan dan papanya juga gak doyan jadi masaknya dibuat pedesssss poll matengnya dibagi sama mamaku juga.
Masakan sederhana tapi kalau udah yang namanya suka dari kecil yaa tetep aja suka, sering bikin meskipun dimakan sendiri :). Hari ini  masaknya gak pakai kecap gak pake lengkuas juga, karena lagi pengen putih gitu aja. Mbak Dinda meskipun gak mau makannya tapi rajin banget bantuin motong-motong buncisnya dan mamanya tinggal motongin wortel.....


Bahan :
  • 500 gr buncis, potong-potong
  • 350 gr wortel, potong-potong
  • 1 buah tomat potong-potong
  • 7 biji bawang merah, iris tipis-tipis
  • 5 bawang putih, iris tipis-tipis
  • 3 buah cabai merah iris  serong
  • 15 buah cabai rawit
  • 1 sdt terasi goreng
  • 4 sdm saus tiram
  • gula dan garam secukupnya
  • 100 ml air
Cara membuat:
  1. Panaskan 4 sendok makan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah , cabai rawit, masak sampai layu dan harum. Masukkan terasi, tomat, garam dan gula. Aduk rata.
  2. Masukkan air, tambahkan buncis dan wortel. masak sampai layu.
  3. Tambahkan saus tiram, aduk rata. Masak sampai matang.


Sabtu, 22 Agustus 2015

SATE TELUR PUYUH


Masak sate telur puyuh ini Subuh-subuh buat sarapan anak-anak, serba dadakan semua. Biasanya kalau niat dari malem udah direbuslah telurnya terus dikupas masukin kulkas, jadi paginya biar gak rempong gitu deh. Tapi hari ini berhubung anak-anak mau dibawa bekal juga jadi yaa semua serba dadakan, sambil ngrebus bikin bumbunya terus diblender, hihihi ketauan deh meskipun bumbu cuma seuprit ( baca : dikit ) aku paling males yang namanya ngulek. Bikin lengennya pegel, dulu habis jatuh jadi gak bisa deh tangannya buat angkat berat-berat atau ngulek gitu.. Kalau dah pegel susyeeeehhhh yang masak terus siapa ? cari amannya diblender aja :).
Oh iyaa kalau bikin sate telur puyuh biar warnanya gelap gitu aku suka tambahin daun jambu biji terus kulit bawangnya dicemplungin juga. Dijamin deh warnanya cakep. Apalagi kalau direndam dulu dibumbunya  beberapa jam sebelum disajikan.



Bahan :
  • 500 gr telur puyuh, rebus dan kupas
  • 1 lembar daun  salam 
  • 350 ml air
  • 7 sdm kecap manis
  • 5 lembar daun jambu biji yang masih muda
  • kulit bawang merah
  • garam dan gula secukupnya
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 2 buah cabai merah
Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai harum dan layu. Masukkan air, kecap,  garam, gula , daun jambu biji, kulit bawang merah dan daun salam . Tambahkan  telur puyuh.
  2. Masak sampai bumbu meresap.
  3. Tusuk dengan tusukan sate.
Ini favoritnya anak-anakku, katanya enakan punya mama daripada yang beli......  :)


Rabu, 01 Juli 2015

TONGKOL KUNING KEMIRI


Olahan ikan tongkol segar ini menjadi favorit baru di rumah, ikan tongkol di Lumajang ada yang sudah dikukus juga kalau beli, dan kalau ukuran ikannya besar biasanya dijual dalam bentuk irisan dan disebut tongkol irisan. Nah saya biasanya dimasak santan, kali ini nyoba bumbu kuning tapi tanpa santan. Rasanya enak juga kok. Tapi kalau anak-anak lebih suka ikan tongkol masak kecap.....


TONGKOL KUNING KEMIRI
( Tabloid Saji )
Bahan :

  • 1 ekor ikan tongkol ukuran sedang, dipotong-potong
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 batang serai dimemarkan
  • 7 buah cabai rawit utuh
  • 2 buah cabai merah dipotong serong
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 250 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
  • 5 butir kemiri disangrai
  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit
Cara membuat :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit.
  2. Goreng ikan hingga berkulit. Angkat. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus, cabai merah, cabai rawit, serai dan daun salam sampai harum.
  4. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih. Tambahkan ikan, aduk sampai bumbu meresap.


Jumat, 26 Juni 2015

TUMIS SAYUR GENJER


Baru pertama bikin tumis genjer, gara-gara menu di kantin sebelum puasa kemarin ada tumisan genjer. Rasanya aku suka. Dan beberap kali ke pasar belum nemu genjer baru kemarin waktu ke pasar liat genjer langsung deh kepikiran pengen bikin.
Ada yang belum tau apa itu genjer ? Genjer adalah tanaman gulma yang banyak tumbuh liar di sawah. Konon si genjer ini makanan orang desa apabila tidak punya lauk, tapi sekarang sudak banyak rumah makan yang menyediakan sayur genjer ini. Rasanya mirip-mirip kangkung . Masak sayur genjer ini gak usah lama-lama sebenernya, dan punyaku jadinya kematengan :)


Dan aku resepnya ngintip di Sajian Sedap.....

Bahan :
  • 200 gr genjer dipotong 4 cm
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 5 siung bawang merah, diiris tipis
  • 3 buah cabai merah, diiris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah tomat, dipotong-potong
  • 2 sdm ebi, diseduh, dimemarkan dan disangrai
  •  1/2 sdm kecap manis
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir 
  • 50 ml air
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun salam  dan tomat sampai harum.
  2. Tambahkan ebi, aduk rata.
  3. Masukkan genjer, kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk sampai layu.
  4. Tuang air masak sampai meresap.