Tampilkan postingan dengan label kue kering. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label kue kering. Tampilkan semua postingan

Rabu, 28 Juni 2017

CORNFLAKES BUTTER COOKIES

Cookies satu ini kalau udah mateng sangat rapuh ya, renyah dari Cornflakesnya bikin kres-kres gitu kalau dimakan. Gula saya kurangi dari resep aslinya takut kemanisan sih, dan ukuran yang saya pakai udah pas menurut saya yang gak suka manis. Jadi buat yang mau nyoba bikin sesuaikan aja, mau resep asli silahkan yang mau resep gak manis pakai tkaran di saya ini yaaa. Rasanya beneran enak khas butter cookies gitu,bikin gak berasa makannya tau-tau udah habis setengah toples sendiri :) doyan apa laper yaaaaa :(


CORNFLAKES BUTTER COOKIES
( Source : Cake Fever )
Bahan :
• 400 gr butter ( Saya pakai Anchor )
• 200 gr gula pasir ( saya pakai 140 gr )
• 400 gr tepung terigu ( saya pakai kunci biru )
• 250 gr cornflakes • 2 kuning telur • 1 sendok teh vanilla ekstrak

Cara membuat :
1. Panaskan oven, set di suhu 170 derajat celcius
2. Siapkan loyang beralas kertas baking/kertas roti, sisihkan
3. Ayak tepung terigu, sisihkan
4. Remukkan cornflakes.
5. Kocok dengan mixer mentega, gula pasir dan kuning telur serta vanila sampai putih.
6. Matikan mixer, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil diaduk dengan spatula atau sendok kayu hanya sampai rata
7. Masukkan cornflakes, aduk lagi dengan spatula
8. Sendokkan adonan secukupnya, letakkan ke loyang, pipihkan.
9. Lakukan hingga adonan habis
10. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit, hanya sampai permukaan bawah cookies mulai terlihat kecoklatan dan bagian atas cookies kelihatan kering
11. Keluarkan dari oven, dinginkan (cookies masih lembut ketika keluar dari oven dan ketika dingin akan mengeras)
12. Ketika sudah dingin, masukkan ke wadah kedap udara.
 

Minggu, 25 Juni 2017

SAGU KEJU LUMER

Sagu keju yang ngehits di Intagram patut dicoba, nahhh sagu keju ini dari IG mommy cantik Tintin Rayner.
Penasaran sama lumernya, ehhh langsung bikin pas ada kesempatan kemarin. Gak nyangka banget ini dispuit gak ada liat-liatnya yaaa, lancar gak sampai matahin jari-jari. Biasanya kalau sagu kan nyepuitnya susah banget, pake jempol berasa jempol sampai bengkak.
Duh seneng bangetlah ketemu resep yang ajib rasanya dan gak bikin patah tulang jari-jarinya.

SAGU KEJU LUMER
( Source :Tintin Rayner)

200 gr tepung sagu
70 gr gula halus
75 gr keju parut
1 butir kuning telur
30 gr margarin
70 gr salted butter
30 ml santan kental instan
Taburan keju parut

Cara membuat :
1. Sangrai tepung sagu sampai terasa kering dan ringan, angkat tunggu sampai uap hilang. Sisihkan.
2. Panaskan oven 150 'C .
3. Mixer margarin, butter dan gula sekitar 2 menit, masukkan telur dan santan. Mixer rata.
4. Masukkan keju parut dan tepung sagu yang sudah diayak, aduk pakai spatula sampai rata.
5. Masukkan ke dalam plastik segitiga, cetak sesuai selera di loyang yang sudah dioles margarin atau dialas dengan silpat. Taburi keju parut.
6. Oven dengan suhu 150' C selama 30 menit sampai matang, sesuikan oven masing2.


Senin, 12 Juni 2017

PUTRI SALJU



Masih setia sama resep ini, resep yg dishare mbak Ayudiah Respati. Makasih yaa mbak. Secara aku gak suka kacang-kacangan jadi tiap bikin putri salju ngandelin resep ini. Lumer banget ini putri saljunya. 
Bikinnya juga tinggal aduk-aduk aja pake sendok kayu, gak ribet banget pokoknya. 


PUTRI SALJU

Bahan :
300 gr margarin ( pake Blue Band Cake & Cookies )
100 gr roombuter ( pake Anchor )
400 - 450 gr terigu protein rendah ( kunci biru )
gula halus
gula donat/gula dingin

Caranya (versiku) :
Dalam wadah, campur margarin dan roombuter. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan terasa ringan.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sesuaikan hingga dapat dipulung. Simpan dalam kulkas kurang lebih 15 menit.
Keluarkan dari kulkas, bentuk, panggang di oven. Setelah matang, panas-panas lumuri dengan gula halus, sisihkan.
Setelah dingin, lumuri kembali dengan gula donat/gula dingin. Sajikan.




Sabtu, 03 Juni 2017

KUE JANDA GENIT


Kue kering ini  gak tau siapa yang ngasih nama dan siapa yang nyebut pertama kali, beneran deh jangan ngributin soal nama yang penting rasanya. Kebanyakan sih yang bikin dikasih cokelat chips aja bagian atasnya, biar kelihatan genit segenit namanya aku  kasih jelly merah, dan hasilnya lebih kliatan cantik kan :)
kue ini gak meleber ya, jadi ngasih jarak waktu mau dioven jangan teralu jauh, tetep bentuknya gak berubah kok. Aku bikin satu resep aja udah jadi banyak. Tips biar tepung roti menempel banyak, blender tepung roti sebelum dibuat taburan, dan biar gak pecah si kue kering waktu ditekan bagian tengahnya, tekan lebih dahulu sebelum dbalur dengan tepung roti.


KUE KERING JANDA GENIT

Bahan :
250 gr Tepung terigu protein sedang
50 gr Tepung maizena
70 gr Gula halus
150 ml Minyak goreng ( saya pakai Sunflower Oil )
30 Susu bubuk full cream
75 Butter ( saya pakai Anchor )
Tepung roti secukupnya ( blender sebentar saja )

Topping :
Choco chips atau jelly 
 
Cara membuat :
Campur semua bahan jadi satu, aduk sampai rata dengan menggunakan sendok kayu.
Bentuk bulat-bulatan kecil. Gulingkan di tepung roti. Taruh di loyang yang sudah dioles margarin ( saya pakai silpat ) Hias dengan chocohips atau jelly.
Oven dengan suhu 160'C sampai matang kira2 25 menitan. Dinginkan dan dan simpan dalam wadah kedap udara.



Kamis, 05 Januari 2017

SPECULAAS KENARI

Kue kering yang bikin dengan rasa rempah ini ada yang suka...... ? kalau saya suka tapi anak-anak gak suka. Katanya seperti bau jamu ...... nahhh lohhh udah bikin satu resep jadinya banyak kan, kirim ke mama akhirnya. Kalau mama suka kue-kue rasa seperti ini .  Kue kering ini teksurnya kokoh tidak mudah patah, di resep bila suka manis bisa ditambah sampai 50 gram untuk gulanya, tapi saya gak nambah ini udah pas menurut saya.


Speculaas Kenari

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

250 gr        Tepung terigu
100 gr        Gula palem
125 gr        mentega
1 sdm         Bumbu spekoek
2 sdm         Susu cair
50 gr          Kacang Kenari/Kacang Mede, panggang, cincang kasar

 Cara Membuat:

  1. Kocok gula palem dan mentega hingga lembut, masukkan campuran tepung dan bahan-bahan lainnya, aduk rata hingga adonan dapat dipulung.
  2. Gilas adonan setebal 3 mm, cetak sesuai selera dan letakkan pada loyang datar yang telah dioles margarin.
  3. Panggang dalam oven dengan suhu 150°C selama 30 menit hingga matang, angkat.




Minggu, 27 November 2016

STIK KEJU


Cemilan favorit dedek Kenzie yang asin ngeju gini, bikinnya juga dibantuin sama dedek lhooo. Dedek bantuin pegang loyang tempat stik yang habis digiling terus dipotong. Gak dibolehin juga ngambek akhirnya yaa udah dibolehin aja, dan ternyata dia seneng banget. Bikinnya cepet gak sampai 1 jam udah selesai bikin satu resep ini. Berneran begitu mateng udah dedek bawa ke depan tv stik ini.
Adonan stik ini aku tambahin air 50 ml dan 1 sendok makan margarin soalnya begitu adonan dicampur masih kurang nyatu. Aku motong stiknya dipanjang-panjangin sekitar 10 cm  biar kalau dedek maem bisa dipegang satu-satu gitu gak ribet megang. Next nyoba bikin yang rasa bawang .......




Bahan:
200 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung sagu
50 ml air dan 1 sdm margarin ( tambahin dari aku )
125 gram keju cheddar parut
2 butir telur
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
  1. Aduk semua bahan sampai bergumpal.
  2. Giling tipis digilingan mi dengan ketebalan no. 4 (paling tebal no.7).
  3. Potong dengan pemotong mi yang lebar. Potong panjang 15 cm.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.

Rabu, 23 November 2016

SEMPRIT COKELAT NCC


Salah satu alasan  kenapa saya suka kue kering semprit,,,,,, saya suka nyetaknya, nyetak kue semprit itu sesuatu banget. Cantik begitu kesan pertama. Rasanya saya jelas suka donk, nurun deh ke anak-anak semua pada suka. Kue kering cokelat NCC ini saya bikin malem-malem sama dedek Kenzie, tau kan kalau anak kecil ikutan ke dapur lihat mamanya bikin kue suka colekin adonan, ehhhh gitu tau rasanya adonan kue kering ini dia gak mau berhenti kalau gak distop. Gak sabaran banget nunggu matengnya. Saya pakai full butter jadi aromanya nyebar ke mana-mana......
butter campur cokelat beneran bikin gak mau berhenti maemnya kalau gak inget ini mau difoto udah habis aja dimaem rame-rame bareng kiddos :)
Cokelat bubuk pakai yang kualitas bagus yaaa, biar rasa cokelatnya gak pahit.


SEMPRIT COKELAT NCC

Bahan :
  • 300 gr margarin ( saya pake full butter Anchor )
  • 350 gr tepung terigu protein rendah ( saya pakai Kunci Biru )
  • 50 gr cokelat bubuk ( saya pakai Bensdorp )
  • 2 butir kuning telur 
  • 200 gr gula halus ( saya Gulaku diblender )
  • 1 sdt vanilla
Bahan Tambahan : Chocolate Chips

Cara membuat :
  1.  Kocok mentega dan gula bubuk sampai lembut.
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk dan vanilla yang sudah diayak , aduk rata.
  4. Masukka adonan ke dalam plastik segitiga, cetak menggunakan spuit bintang nomer 4B ( saya pakai spuit 1M). Beri hiasan chocolate chips di tengagnya.
  5. Panggang dalam oven dengan duhu 140'C selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.

Minggu, 27 Desember 2015

BOLA-BOLA BISKUIT MARIE


Kalau libur itu sukanya yaaa kalau anak-anak ikut masuk dapur, bikin kesukaan mereka.  Seseruan di dapur bareng anak-anak rasanya gimana gitu, seperti kali ini bikin bola-bola dari biskuit dedek yang dianggurin gitu aja. Daripada keburu melempem yang akhirnya terbuang kan jadi mubazir. di make over aja dikasih topping cokelat biar kemakan. Hihihi jadi emak-emak kudu kreatif itu emang bener yaaa. Gak boleh males-malesan juga biar anaknya seneng makin sayang sama mamanya, asliiii meskipun gak dimasakin gak dibikinin kesukaannya tetep sayang kok....... cuma bedanya di memorinya anak-anak kan ada cerita tentang mamanya yang suka bikin-bikin kue kesukaan ataupun makanan kesukaan mereka...... :)





Ehhh iyaaa ini biskuit mahhh biskuit marie aja, kalau anak-anak sukanya kan biskuit marie dari jaman mamanya kecil, biskuit marie Regal, bukan diturun-turunin  tapi emang anak-anak sukanya ini selain yang merk Khong Guan. Dibikin bola-bola enak lhoo gak eneg.
Resepnya sih asal campur aja sama bahan di rumah, tohh udah pasti jadi meskipun gak biasa masuk dapur :) dannnnn ini resepnya yang aku buat sama anak-anak, kakak yang bikin buletan bola-bolanya, dedek yang nata buletannya di loyang, mamanya yang celupin ke  cokelat sama kasih topping.
Alhamdulillah meskipun ngasal tetep enak dan cepet habis ......

Bahan :
  • 16 keping biskuit marie
  • 2 sachet susu kental manis putih @ 42 gr
  • 100 gr Dark Cooking Chocolate
  • 30 gr White Cooking Chocolate
  • Cokelat misis secukupnya
Cara membuat :
  1. Hancurkan biskuit marie sampai lembut. 
  2. Tambahkan susu kental manis putih, aduk sampai rata ( bisa dipulung ).
  3. Bentuk bola-bola sampai adonan habis.
  4. Lelehkan Dark Cooking Chocolate, Celupkan bola-bola biskuit sampai terbalut rata.
  5. Beri Topping White Cooking Chocolate yang sudah dilelekan dan dimasukkan di piping bag atau dikasih cokelat misis.
  6. Bekukan. Sajikan.
Yeeeeeyyyy seseruan di dapur hari ini sama anak-anak bikin seneng banget, anak-anak seneng mamanya juga ikutan seneng :)








Sabtu, 19 Juli 2014

SEMPRONG WARNA






Ini pertama kalinya aku bikin kue semprong, kue semprong ini hampir tiap tahun selalu ada di rumah mama saat lebaran. Aku sendiri belum pernah bikin sendiri paling cuma lihat-lihat aja kalau mama bikin. Biasanya mama diadonan selalu dikasih parutan jahe dan tabura wijen. Jadi rasanya gurih -gurih gimana gitu, pokoknya enak banget. Nah berhubung aku penasaran pengen bikin sendiri jadi aku warna -warna aja. Duhhh yang bikin capek bikinnya harus satu-satu dan  kudu punya ekstra kesabaran , cetakan yang dipakai juga cetakan yang dipanaskan di atas kompor. Jadinya harus bener-bener jaga supaya gak gosong dan dibalik-balik. Tapi setelah matang terbayarkan deh rasa capeknya, lihat kue semprong warnaku ini. Meskipun bentuknya gak bagus  tapi lumayan puaslah ^ ^
Nglipatnya juga aku gak dibuat bulet memanjang gitu soalnya pengen yang bentuk kipas, jadi cuma dilipat-lipat aja. Hihihihihi ini masih bisa disebut kue semprong gak yaaa ^ ^ 







Resepnya aku pakai dari NCC

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 500 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 75 gr tepung sagu
  • 230 gr gula pasir
  • 2 sdm wijen hitam ( skip )

Cara membuat :
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan gula pasir, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Tuang telur pada cekungan tadi , aduk searah memutar sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan cair. Saring beri wijen aduk rata.
  3. Panaskan cetakan kue semprong , buka dan tuang di tengahnya satu sendok makan adonan.Tutup cetakan, biatkan 5 menit. Buka gulung perlahan menggunakan sumpit, dinginkan sebentar supaya mengeras, lepaskan dari sumpit.