Minggu, 19 Oktober 2014

TOPO MAP LOVE CAKE ( KEK ALUNAN KASIH )




Alhamdulillah akhirnya selesai juga bikin soran buat Tantangan di MASBAR yang temanya " Kuliner Malaysia " dan ini juga udah minggu terakhir batas pengiriman...... maafkan daku mbak Elly Salman, daku baru bisa setor, belum telat kan mbak..... *_*
Semoga aja ini masuk salah satu kriteria kulinernya Malaysia yaa mbak,,,, hahaha aslinya bingung mau bikin apa, baru kepikiran bikin topo map love cake buat setoran gara-gara anak-anak minta kue ini, udah lama sih gak bikin kue cantik ini,,,,, jadi bikinnya sekalian buat setoran,,,,,







Resepnya masih tetep seperti yang pernah aku share, dulu pertama tertarik bikin lihat postingan mbak Hesti..... makasih yaa mbak buat share resepnya.....
Berhubung sayanya lagi rajin, jadi saya tulis ulang yaa resepnya,,,,,

Bahan :
  • 250 gr butter ( aku pakai 200 gr margarin dan 50 butter )
  • 250 gr gula halus
  • 5 butir telur
  • 300 gr protein sedang + 1 sdt baking powder
  • 125 gr susu evaporated
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt pasta pandan ( aku pakai 1 sdm )
  • 1 tetes pewarna hijau ( skip )
  • Cokelat bubuk untuk taburan secukupnya
Cara membuat :
  1. Panaskan ven 180"c, siapkan loyang ukuran 20x20x7 cm yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung terigu.
  2. Kocok butter, gula halus dan vanili sampai mengembang dan pucat. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan sebagian tepung terigu.Kocok dengan mixer kecepatan rendah.
  4. Masukkan susu evaporated , kocok rata. Tambahkan sisa tepung dan locok asal rata.
  5. Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bagian tambahkan pasta pandan dan aduk sampai rata.
  6. Tuang separuh adonan putih ke dalam loyang, ratakan. Ayak cokelat bubuk diatas adonan yang sudah dituang di loyang sampai rata. Tuang adonan pandan diatasnya. ayak cokelat bubuk lagi. begiru seterusnya sampai adonan habis. Yang terakhir tidak usah ditambahkan cokelat bubuk.
  7. Sebelum dimasukkan dioven, hentakan loyang perlahan agar gelembung udara yang terperangkap di dalam keluar.
  8. Oven sekitar 45 menit, lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk sate atau lidi, kalau sudah tidak menempel berarti cake sudah matang.













Sabtu, 18 Oktober 2014

LAMINGTON CAKE








Alhamdulillah,,,,, akhirnya dengan mengumpulkan semangat baking yang beberapa hari terakhir entah hilang kemana akhirnya jadi juga Lamington Cakenya. Rasanya sesuatu yaaa kalau lama dah gak ngebaking terus tiba-tiba jadi semangat lagi. Nah ceritanya lamington cake ini adalah PR LBT #34, dan hari ini terakhir waktu setor yang ditentukan. Lumayan deh meskipun hari terakhir tapi masih sempat setor, kalau gak bikin waktu PR LBT ini gak akan pernah bikin yang namanya lamington cake. Serunya di group baking kayak gini jadi yang males akhirnya rajin masuk dapur,,,,,

Lamington cake ini menurut cerita aslinya dari Australia, setelah lihat-lihat di internet ternyata bentuknya gak harus kotak-kotak kecil ,,,,, nahhh jadinya saya tertarik utuk dibuat berlapis. Resepnya pakai resep dari Sajian Sedap.







Langsung aku tulis ulang resepnya yaa....

LAMINGTON CAKE 

Bahan Cake :
  • 225 gr mentega tawar dingin 
  • 200 gr gula pasir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 4 butir telur
  • 165 gr tepung terigu protein sedang
  • 15 gr tepung maizena
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt cokelat pasta
Bahan Toping :
  • 75 ml susu cair
  • 150 gr Dark Cooking Chocolate
  • 1 sendok makan mentega
Bahan Krim ( Kocok mengembang )
  • 50 gr krim bubuk
  • 100 ml air es
Bahan Taburan :
  • 50 gr kelapa kering siap pakai
Cara membuat :
  1. Cake : Kocok mentega, gula pasir halus dan garam sampai lembut. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  2. Tambahkan sisa tepung terigu, tepung maizena , cokelat bubuk dan baking powder sambil diayak dan dikocok rata. Masukkan cokelat pasta. Aduk rata.
  3. Tuang di loyang loaf 20x9x6 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  4. Oven 55 menit dengan api bawah suhu 180'c sampai matang.
  5. Toping : Panaskan susu cair. Matikan api. Masukkan potongan Dark Coking Chocolate. Aduk sampai larut. Tambahkan mentega. Aduk rata dan kental.
  6. Belah dua cake, semprot di tengahnya dengan krim. Tutup denagn sisa potongan cake. Dinginkan.
  7. Oles seluruh permukaan cake dengan toping. Tabur dengan kelapa kering.
Selamat mencoba *_^








Jumat, 17 Oktober 2014

BANANA BREAD




Banana bread again,,,,,hohohoho jangan bosen yaaa, Lumajang itu terkenal daerah pisang, jadi karena mudah dapetnya harganya juga murah sudah dipastikan pisang hampir selalu ada di rumah. Dan gak ada bosennya juga kalau dibikin cake, nah kali ini coba banana bread resepnya dapet dari blog Mbak Vivi, Rasanya enak, cairan yang ada di resep aku tambahin , jadi lebih moist, nambahinnya juga gak terlalu banyak. Soalnya takut kelembekan. Hihihihi ternyata gak akan kelembekan  klo ditambahin 50 ml lagi. 





Resep asli bisa di lihat di blognya Mbak Vivi, resep yang saya tulis udah sedikit diotak atik.....
Ijin share resep yaa mbak Vi, maturnuwun.....

BANANA BREAD

Bahan :
  • 350 gr pisang ambon, haluskan.
  • 100 ml minyak sayur
  • 80 gr gula pasir
  • 100 gr gula palem
  • 1 butir telur
  • 200 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt bumbu spekuk
  • 1/2 sdt garam
  • almond secukupnya buat taburan
Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu, bumbu spekuk, soda kue dan garam , sisihkan.
  2. Dalam wadah lain campur pisang, minyak sayur gula pasir, gula palem dan telur. Aduk rata. Tambahkan bahan kering sedikit demi sedkit sambil diaduk rata.
  3. Tuang di loyang loaf, taburi almond atau kenari, Oven dengan suhu 180'c sampai matang.







Senin, 29 September 2014

BUBUR JAGUNG MANIS KEJU





Bismillah.....
Bikin bubur buat sarapan pagi.....ahhhh enaknya dimakan anget-anget pakai keju.....slurrrrpppp....
Bubur jagung jadi pilihan, kemarin beli jagung manis rencananya mau dibikin bakwan udang, tapi gitu deh waktu giliran masak malah malesnya datang. Hihihihihi jadi jagungnya dimasukin wadah kedap udara aja biar tetep seger. Berhubung sayanya suka banget bubur jagung manis jadi jagungnya diberdayakan jadi bubur aja yaa.... jagoan kecilku juga suka banget dengan bubur ini apalagi
 dengan parutan keju yang banyak. Bisa cepet nyuapinnya.....

Bubur jagung ini saya suka dimakan anget-anget, tapi dingin dari kulkas juga enak lhoo....







BUBUR JAGUNG MANIS
Catatan Dapur Vero

Bahan :

  • 3 buah jagung manis
  • 100 gr gula pasir
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • sejumput garam
  • 5 buah biji nangka
Cara membuat :
  1. Sisir jagung manis, haluskan dengan santan ( 2 jagung saya blender dengan santan sampai halus, dan 1 jagung saya biarkan tetap berupa sisiran )
  2. Campur blenderan jagung dan jagung sisir jadi satu, tambahkan gula dan garam. 
  3. Rebus sampai mendidih dan sedikit mengental.
  4. Angkat, sajikan dengan parutan keju.

Minggu, 28 September 2014

WEDANG SEREH



Wedang sereh ini cocok deh buat yang suka minuman rasa sereh. Buat cuaca dingin-dingin pas banget, katanya sih wedang sereh ini minuman tradisioanal Jawa Tengah tapi di seputaran Jawa Timur juga cukup terkenal, rasanya juga enak lhoo. bahannya juga mudah didapet, seperti di daerah rumah pohon sereh ini banyak banget di tanem di halaman-halaman.
Resepnya dari NCC kebetulan mbak Riana Ambarsari yang posting, langsung deh gak pikir-pikir lagi buat bikin. Serehnya langsung ambil di depan rumah.




WEDANG SEREH
source : Ibu Fatma Bahalwan

Bahan :
  • 3 batang sereh
  • 500 ml air
  • gula batu atau gula aren secukupnya
Cara membuat :
  1. Bersihkan sereh, ambil bagian batangnyasaja. Dan memakan bonggolnya.
  2. Masak air hingga mendidih, masukkan sereh, masak terus selama 10 menit. Angkat.
  3. Beri gula batu/ gula aren. Sajikan hangat.

Kamis, 25 September 2014

BOLA - BOLA SINGKONG






Bismillah....
Hari ini ke pasar gak sengaja aja beli singkong, karena penjualnya ternyata deket rumah, ehhh diajak ngobrol sana sini akhirnya beli. Murah satu kilogramnya cuma tiga ribu aja. Belum kepikiran mau diapain ini singkongnya. Sampai sore-sore pengen ngabisin stok gula dingin, kepikiran deh buat bola-bola aja, tinggal parut lalu digoreng. Jadi deh jajanan jaman dulu ini.Kalau dulu jaman masih kecil suka beli jajanan ini,  dijual pake tusukan sate dan namanya bendul, jadi satu tusuknya isi empat atau lima biji. Pernah bikin dulu juga saya sajikan dengan tusuk sate gitu. biar anak-anak tau dan mengenal jajanan jaman dulu ini. hihihihihi sekarang saya lagi males jadi cukup digoreng aja lalu ditabur gula dingin, anget-anget makannya enak,,,,





BOLA-BOLA SINGKONG

Bahan :

  • 1 kg singkong
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 1/2 sdm tepung tapioka
  • sedikit garam
  • gula halus/ gula dingin secukupnya
Cara membuat :
  1. Kupas singkong, cuci lalu parut.
  2. Campur singkong , gula, garam dan tepung tapioka jadi satu lalu aduk rata.
  3. Bentuk bulat-bulat kecil.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai brwarna kekuningan , angkat.
  5. Sajikan dengan taburan gula dingin.

Senin, 22 September 2014

BROWNIES PIE



Bismillah.....
Kali ini postingannya masih seputaran brownies,,,, tapi yang sekarang ada rasa asinnya, pie brownies. Nahhh manis campur asin,,,, enak banget. Pie brownies ini saya buat untuk acara disekolahan mbak Ajeng, bikinnya udah malem. Buru-buru soalnya udah ngantuk dan ini brownies pie saya yang pertama, Hihihihihi ketinggalan banget yaaa....daripada gak sama sekali masih mending deh ya masih bikin.... (  edisi pembelaan diri *_^ )
Keinget sama mbak Mimie Kesuma , dulu waktu posting sempet inbox-inboxkan....nahhh langsung deh bikin pakai resep yang dibikin mbak Mimie. Campur-campur adonan, jadi deh.... 
Waktu nyetak adonan pienya, dedek Kenzie ikut sibuk  mainan adonan dan bawa kuas untuk oles cetakan. Ceritanya kuas pengoles cetakan sama dedek kenzie dibuat ngecat ( ngecat lantai pakai margarin  *_* ), saya gak perhatiin katanya " mama.... Kenzie ngecat " dan saya mengiyakan tanpa menoleh, ahayyyyy begitu noleh ternyataaaa lantai dapur udah penuh margarin. Gimana gak penuh, secara pakai kuas ngratain lantainya persis orang ngecat. Ini jadi pembelajaran , kalau ditanyain anak harus noleh ....

Kembali ke cerita pie brownies ini, pie browniesnya gak cantik....tapi kalau rasanya gak usah diragukan.... Jadi penasaran, next coba lagi deh....




BROWNIES PIE
Source : Jasmin's Kitchen

Bahan :
  • 200 gr margarin
  • 75 gr gula halus
  • 430 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
Cara membuat :
  1. Campur jadi satu, margarin dan gula, mixer hingga rata saja.
  2. Masukkan telur mixer lagi hingga rata.
  3. Masukkan tepung terigu, mixer lagi hingga berbutir-butir.
  4. Cetak di loyang yang sudah dioles tipis dengan margarin.
PENNYLANE BROWNIES

Bahan :
  • 4 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 450 gr gula ( saya pakai 400 gr )
  • 1 sdt vanili
  • 225 gr minyak goreng 
  • 60 gr cokelat bubuk ( saya pakai bensdrop )
  • 210 gr tepung terigu
  • 50 gr chocolate chips
Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 180"C
  2. Kocok asal rata telur dan gula, jangan sampai overmix , nanti jadi spongy teksturnya.
  3. Ayak jadi satu tepung terigu, cokelat bubuk dan vanili. Masukkan ke adonan telur. Aduk perlahan dengan menggunakan spatula.
  4. Masukkan minyak, aduk rata lagi.
  5. Masukkan chocolate chips. aduk rata.
  6. Masukkan ke kulit pie yang sudah dicetak, taburi almond panggang hingga matang.

Jumat, 19 September 2014

NANGKA & KELAPA MUDA GORENG TEPUNG


Nah ini gorengan temen ngupi-ngupi sama ngeteh tadi sore,... lagi musim nangka di daerah saya. Di pasar di jual potongan dan ada juga yang dijual udah kupasan, saya paling sering beli ya yang udah kupasan ini, gak perlu repot-repot ngupas dan kena getahnya. Seperti tadi pagi, waktuke pasar, lihat nangka yang dijual kuningnya cakep, beli secukupnya aja. Buat gorengan sore-sore asyik. Lha saya gak bisa makan nagka yang tanpa diolah atau dimasak, padahal suka banget. Makan gak usah banyak, 2 biji aja udah pasti kembung. Kalau udah mateng jadi olahan apapun gak kembung. Aneh.....

Nah kali ini saya bikin digoreng sama dengan campuran kelapa muda,.....enaknya kebayang kan, kelapa mudanya pilih yang agak lembut.



Bahan :

  • 500 gr nangka ( ditimbang dengan masih ada bijinya ) potong dadu
  • 300 gr tepung protin sedang
  • 1 butir kelapa muda ( keruk dengan sendok )
  • 60 gr gula pasir ( sesuai selera )
  • 300 ml air
  • 1 butir telur

Cara membuat :
  1. Campur tepung, gula dan air jadi satu aduk rata, tambahkan telur, aduk rata.
  2. Tambahkan nangka dan kelapa muda, aduk rata.
  3. Goreng dalam minyak yang sudh dipanaskan sampai berwarna kekuningan.
  4. Angkat, sajikan.








DONAT KENTANG TABUR GULA HALUS


Donat kentang pakai taburan gula dingin gak kalah enaknya sama yang pakai toping cokelat, dimakan anget maupun dingin sama enaknya. Hihihihihi donat ini donat yang kesekian kalinya yang pernah aku bikin, dari jaman belum ngeblog, bikin donat pertama kali resep mama, mirip-miriplah sama donat dari NCC ini, cuma bedanya di resep yang biasa saya pakai telurnya cuma tiga biji, dan tepungnya pakai campuran antara protein tinggi dan protein sedang. cairan yang dipakai susu cair. Nah kali ini saya coba bikin donat resep dari NCC.
Hasilnya memuaskan, empuk,,,,,sama seperti biasanya. Hihihihihi kliatan menul-menul kan yaa*_^






Langsung catetin resep dari NCC,,,, next saya share resep yang biasa dipakai mama,....

DONAT KENTANG
source : NCC

Bahan :
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 ragi instan
  • 200 gr kentang dikukus dan dihaluskan
  • 100 gr gula kastor
  • 75 gr mentega
  • 1/4 sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 150 ml air dingin
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, gula kastor, susu bubuk dan ragi instan aduk rata.
  2. Masukkan kentang, tuang telur dan air dingin uleni hingga rata dan setengah kalis.
  3. Beri mentega dan garam, uleni sampai kalis dan elastis. Istirahtkan 15 menit.
  4. Bagi adonan masing-masing 50 gr, bulatkan. Dimkan 20 menit, hingga mengembang.
  5. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat,Goreng dalam minyak yag sudah dipanaskan sampai berwarna kekuningan. ( saya pakai minyak padat )
  6. Angkat, dinginkan. Hias dengan toping sesuai selera.






















Rabu, 17 September 2014

CHEESE CAKE BROWNIES




Wahhhh, bulan ini ternyata bulannya brownies yaa di rumah saya, kali ini browniesnya ikutan latah postinga mbak Nina Agustina di Instagram. Ihhh browniesnya cakep bangeettt, saya langsung jatuh hati dibuatnya, langsung ke dapur ngeluarin cream cheese dari freezer, kebetulan cream cheesenya ada seukuran yang dibutuhkan untuk brownies ini.Tapi harus nunggulah, cream cheesenya harus suhu ruang, jadi harus bersabar dulu untuk buatnya. Bikinnya sih cepet, ngovennya juga gak lama menurut resep tapi karena saya pakai ramekin jadi waktunya agak lamaan ngovennya. Wahhh aroma cream cheese dan butternya waktu dioven menuhin seluruh ruangan, harumnyaa gak nahan untuk segera nyomotin si brownies ini. huhuhuhu kudu sabar lagi sih, nunggu dingin baru boleh dimakan, biar set juga browniesnya.

Rasanya gak ngecewakan lhooo cheese cake brownies ini, udah dipastikan enak. Rugi deh kalau gak cobain resepnya.








Saya tulis ulang resepnya yaa, kali aja ada yang mau cobain bikin juga, makasih yaa Mbak Nina Agustina share resepnya,,,,


CHEESE CAKE BROWNIES
Source :  David Lebovitz modif Nina Agustina

Bahan :

  • 85 gr butter, potong dadu kecil
  • 115 gr Dark Cooking Chocolate
  • 120 gr gula pasir, blender halus
  • 2 butir telur ukuran besar
  • 70 gr tepung terigu
  • 10 gr cokelat bubuk ( saya pakai bensdrop )
  • 1 sdt vanila
  • 70 gr chocochips
  • 250 gr cream cheese suhu ruang
  • 50 gr gula pasir 
  • 1 kuning telur
Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 180"c, Siapkan loyang ukuran 18x18x4cm , oles dengan margarin hingga sisi-sinya dan alasi dengan keras roti.
  2. Lelehkan butter dan DCC dengan api kecil, Aduk hingga semua leleh.
  3. Masukkan 120 gr gula  dan telur, kocok dengan speed rendah sebentar saja, atau bisa dengan menggunakan hand whisker saja.
  4. Campur tepung terigu dan cokelat bubuk, ayak. Kemudian masukkan ke dalam adonan. Tambahkan chocolat chips dan vanila.
  5. Tuang ke dalam loyang , sisihkan.
  6. Dalam wadah lain, kocok cream cheese, satu kuning telur dan 50 gr gula hingga lembut.
  7. Sendokkan cream cheese ke atas adonan, buat motif marmer dengan menggunakan sumpit atau garpu.
  8. Oven selama kurang lebih 35-40 menit hingga matang, Ketika panas cream cheese akan basah, akan set etelah dingin.
  9. Setelah dingin siap dihidangkan.