Senin, 25 Mei 2015

PANCAKE GULUNG COKELAT KACANG



Pancake gulung,,,, baru bikin kali ini deh. Tertarik sama bentuknya jadi penasaran mau bikin. Kebetulan anak-anak juga doyan sama pancake. Jadi hayooooo aja masuk dapur meskipun siang-siang :) .
Anak-anak juga sibuk ikut bantuin, kalau si kakak nunggu matengnya soalnya mau ikutan acara foto-foto.
Ternyata bener apa yang disuka seorang mama hamnpir 90 persen si anak suka, sedikit cerita ya, anak gadisku udah mau SMA lhoo, umur kita beda 20 tahun. Nah karena aku suka foto-foto  dan si kakak ini juga udah mulai suka, kalau libur kita bisa seharian hunting foto bersama, dan sekarang udah mulai melirik foto makanan juga, jadi mamanya bikin apa gak pernah terlewatkan ikutan foto juga. Serunya punya anak gadis.....dan si mama jadi berasa tua :)



PANCAKE GULUNG COKELAT KACANG

Bahan :
  • 125 gr tepung protein sedang
  • 2 butir telur
  • 250 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm margarin dilelehkan
  • 1/2 sdt baking powder
Bahan Isi :
  • 4 sdm margarin
  • 100 gr cokelat masak pekat dipotong -potong
  • 300 ml susu cair
  • 60 gr gula pasir
  • 30 gr cokelat bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm tepung maizena dilarutkan dengan 4 sdm air , untuk pengental
Bahan taburan aduk rata :
  •  200 gr kacang tanah disangrai, dicincang kasar ( Aku pakai kacang morin )
  • 3 sdm gula pasir 
Cara membuat :
  1. Isi : Campur jadi satu, masak bahan isi sampai meletup-letup, Angkat.
  2. Bahan Pancake : Campur jadi satu bahan pancake, aduk rata. Buat dadar tipis di atas wajan.
  3. Oles dengan isi, tabur campuran kacang tanah, lipat segitiga.

Minggu, 24 Mei 2015

KUE CUBIT TOPPING COKELAT



Hari ini sebenarnya capek banget tapi mau tidur siang juga gak bisa kebiasaan gak pernah tidur siang kali yaaa. Anak-anak juga pada tidur. Akhirnya lihat resep yang sudah di Bookmark, pilih yang gampang dan cepet bikinnya, kue cubit pilihan tepat :)
Menurut cerita kue cubit ini populer di daerah  Jakarta dan Bandung,  Kue mungil dengan ukuran diameter sekitar  4cm biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Disebut kue cubit karena waktu matang diambil menggunakan alat penjepit sehingga seperti dicubit.



Kali ini bikin yang perbandingan bahannya 1:1, dan rasanya lebih suka yang ini daripada yang pernah aku bikin dulu dan pernah diposting juga di sini. Yang ini rasanya lebih lembut dan gurih.
Langsung ke resep aja yaaa, keburu bangun si dedek nanti malah gak bisa upload.

KUE CUBIT NCC

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 100 gr gula pasir 
  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin cair 
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
Cara membuat :
  1.  Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan gula larut.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  3. Masukkan margarin cair, lalu tambahkan baling powder dan soda kue, aduk rata.
  4. Cetak di cetakan yang sudah dipanaskan,dan dioles sedikit margarin. dengan api  kecil, tambahkan topping sesuai selera begitu adonan setengah matang.
  5. Angkat dan sajikan hangat.
Aku suka yang masih panas dengan bagian atas masih sedikit meluber, wihh rasanya mantab. Tapi kalau yang gak suka dicetak sampai matang sempurna juga enak, anak-anak di rumah malah beda-beda kemauannya, kalau kakak suka yang masih bagian atas setengah matang tapi dedek maunya dan yang pasti aku kasih yang matang sempurna. Jadi,,,,, semua kembali ke selera yaaa......


Senin, 18 Mei 2015

OBLOK-OBLOK TAHU TEMPE



Kuah bersantan.....
Suami yang asli dari Jawa Tengah sudah dipastikan suka masakan yang berkuah santan, dan itu bertolak belakang dengan masakan berkuah yang aku suka, aku gak suka kuah yang bersantan. Tapi bukan berarti gak mau masakkan buat suami, tetep masak dan tetep makan kok, Kali ini bikin oblok-oblok tahu tempe resep dari mbak Anggraini Citra Kusuma.



OBLOK-OBLOK TAHU TEMPE
Source : Paket Menu Komplet 30 Hari

Bahan :
  • 2 sdm minyak goreng
  • 300 ml santan encer dari 1/2  buah kelapa
  • 5 buah tahu putih, potong dadu 2 cm
  • 1/2 papan tempe, potong dadu 2 cm
  • 250 ml santan kental dari 1/2 buah kelapa
Bumbu :
  • 8 siung bawang merah, iris halus
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 4 buah cabai merah, haluskan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir 
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah halus, daun salam dan lengkuas. Tumis hingga harum.
  2. Tuang santan encer, masukkan tahu dan tempe. Masak hingga santan mendidih. Beri garam dan gula pasir, aduk rata.
  3. Tuang santan kental, masak hingga santan mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Tunggu 5 menit setelah mendidih angkat dan sajikan.

Sabtu, 16 Mei 2015

MARMER POUND CAKE



Lama banget rasanya gak singgah di blog karena ada beberapa kesibukan,,,,, huhuhu gayanya sok sibuk, nah mulai hari ini bertekad rajin lagi mau masuk rumahku yang satu ini, Kangen rasanya lama gak masuk rumah, kangen sama teman semua2 juga,,,,, sampai ada yang inbox  tanya kabar, Alhamdulillah kabar baik dan makasih yaaa buat perhatiannya,,,,,
Nah kali ini bikin yang simpel dulu, marmer cake ,,,,ehmmmm pasti udah tau kan yaa, tapi kali ini aku bikinnya pake metode Pound Cake yang margarin / mentega dan gula dikocok terlebih dahulu sampai lembut. Jadi cakenya agak berat gitu tapi gak perlu khawatir tetep enak kok rasanya.....




Berikut resepnya saya tulis ulang

 POUND CAKE
Source : NCC INDONESIA

Bahan :
  • 250 gr margarin
  • 250 gr gula pasir 
  • 250 gr tepung terigu
  • 8 butir kuning telur
  • 6 butir putih telur
Cara membuat :
  1. Kocok margarin dan gula pasir sampai berwarna pucat dan mengembang, Tambahkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok sampai rata . Masukkan tepung aduk  dengan spatula sampai tercampur rata.
  2. Dalam wadahlain kocok putih telur sampai kaku, campurkan ke dalam adonan mentega, aduk rata.
  3. Kedalam loyang tulban diameter 18 cm, oven sampai matang. ( Aku pake 2 loyang loaf )
Nah mudah kan cara buatnya, karena  aku bikin marmer jadi setelah adonan di tuang atasnya aku kasih adonan yang sudah dicampur dengan cokelat bubuk. Aku  pakai 4 sendok makan adonan dan 1 sendok makan cokelat bubuk yang sudah diberi sedikit air panas, aduk rata.


Sabtu, 11 April 2015

TROPICANA SLIM ALERGON COOKIES ( GLUTEN FREE COOKIES )


Bismillah....
Akhirnya dapet deh cookies nikmat yang bebas gluten dan bahan pemicu alergi dengan kandungan serat, bebas pengawet dan bebas gula pasir karena menggunakan gula buah.  Susah kan buat yang punya alergi harus pilih-pilih dan sangat hati-hati sekali untuk mencari cemilan sehat? nah sekarang gak usah bingung lagi ada TROPICANA SLIM ALERGON COOKIES.  Yaaa TROPICAN SLIM ALERGON COOKIES adalah pilihan sehat untuk para ibu, untuk anak-anak dan keluarga tercinta. Ibu hamil dan menyusui juga boleh lhoo makan cookies ini.

Kalau anak-anak suka sama cookies ini, katanya gak eneg. Dari mengenal TROPICANA SLIM ALERGON COOKIES anak-anak jadi suka buat bekal sekolah, jadi gak was-was anak-anak bakalan jajan sembarangan karena udah bawa bekal dari rumah. Meskipun di sekolah udah dapat makan siang yang namanya anak-anak pasti pengen jajan  kan yaa. Jadi cookies ini bisa jadi salah satu alternatif bekalnya.





Kenapa pilih TROPICANA SLIM ALERGON COOKIES :

  • Dibuat dari bahan-bahan berkualitas, bebas bahan pemicu alergi
  • bebas gluten
  • Lebih sehat dan aman untuk orang-orang yang punya alergi dengan rasa yang lezat
  • Aman dikonsumsi untuk anak-anak alergi atau berkebutuhan khusus
  • Bebas pengawet
Rasa tepung berasnya gak berasa kok, enak dan gak eneg.  Apalagi kalau waktu makan di dalemnya ada potongan kismisnya yang menambah cita rasa dari cookies ini. Jadi tunggu apalagi kalau ibu-ibu mau menyajikan cemilan sehat buat keluarga tercinta  TROPICANA SLIM ALERGON COOKIES ini bisa jadi pilihan.






Apa sih ‘Gluten-free’ itu? Kenapa belakangan ini banyak sekali dibahas dan disebut-sebut? Kenapa kalau makanan ‘gluten-free’ itu disebut lebih sehat? Apa bener lebih sehat atau cuma sensasi trend makanan saja? Gluten free = Bebas gluten = tidak mengandung gluten. Lalu gluten itu sendiri apa?

Gluten adalah suatu protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma yang terdapat dalam gandum, gandum hitam, dan jelai. Gandum mempunyai kandungan gluten tertinggi. Kata dasar gluten berasal dari glu/glue, yang artinya adalam lem. Gluten ini yang membuat adonan roti atau kue menjadi kenyal dan mengembang karena sifatnya yang kedap udara. Makanan yang mengandung gluten misalnya: roti, kue, donat, mie, pasta, termasuk kue atau biskuit yang dijual di supermarket, pada dasarnya semua jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Lalu apa yang terjadi kalau kita mengkonsumsi gluten? Gluten ini bisa menempel seperti lem di dalam usus kita. Menurut Bpk Wied Harry, seorang seorang konsultan nutrisi yang telah menerbitkan banyak buku kesehatan dan resep makanan sehat, untuk dapat mencerna gluten dengan baik itu dibutuhkan 3 kali siklus metabolisme tubuh. Jadi bayangkan kalau kita makan mie ayam 2 mangkok, kemungkinan mie ini baru bisa dikeluarkan dari tubuh kita 3 hari kemudian. Singkat kata, gluten ini sulit dicerna, terutama untuk anak-anak karena sistem metabolisme mereka belum sempurna.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sulit tercerna meskipun mungkin kita tidak mempunyai sensitivitas terhadap gluten, tetapi karena metabolisme tubuh harus bekerja dengan lebih keras untuk mencerna gluten, maka tenaga dan energi yang digunakan juga lebih banyak yang kemudian akan membuat tubuh lebih lesu dan mudah mengantuk.
Orang yang mempunyai sesitivitas pada gluten merasakan gejala kembung, rasa tidak enak pada perut, hingga gejala berat seperti gangguan pencernaan, iritasi usus, sakit kepala, migrain, nyeri sendi dan otot, asma, gangguan pada kulit seperti eksem, dan gangguan hati. Semua ini dapat mengarah ke penyakit celiac sprue, dimana jonjot usus halus rusak dan tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik. Hal ini bisa mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh, diare, lesu kronis, yang bila berkepanjangan bisa mengarah ke penyakit lupus, autisme, ADHD yang diduga akibat dari asupan tinggi gluten.

Lalu makan cemilan, roti, atau kue bebas gluten itu lebih baik? Belum tentu, karena makanan yang paling lengkap kandungan gizinya adalah makanan yang tidak diproses terlalu banyak dan masih datang dari alam. Mengkonsumsi buah di pagi hari dan selalu menambahkan semangkuk sayuran dalam setiap santapan kita itu penting sekali untuk menjaga asupan gizi dan merawat penceranaan kita karena banyak serat yang memudahkan pencernaan bekerja. Makanan bebas gluten apabila diproses terlalu banyak juga tidaklah menjadi makanan sehat.

Inti nya, kembalilah ke alam, pilihan sebisa mungkin yang menyehatkan tubuh kita, dengarkan baik-baik apa yang dibutuhkan oleh tubuh ini. Mengkonsumsi kue bebas gluten itu sah-sah saja selama dalam jumlah yang seperlunya dan tidak berlebihan.

Apa yang bisa menjadi pengganti tepung terigu dalam kebutuhan memasak sehari-hari? Bersyukurlah karena kita tinggal di Indonesia yang kaya akan beragam jenis makanan, karena gandum yang menjadi asal muasal tepung terigu sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Kita mempunyai tepung beras (merah, coklat, hitam, putih), tepung mocaf (berasal dari singkong yang difermentasikan dan diolah menjadi tepung), tepung ubi, tepung ketan, tepung tapioka, tepung jagung, dan tepung kacang (hijau, merah).

( Sumber : Dapur Ika )

Minggu, 05 April 2015

STIK SOES TABUR WIJEN





Minggu pagi ini rasanya males mau masak, lagi gak enak badan dari semalem. Udah minum obat bawaanya ngantuk, tapi anak-anak minta bikin cemilan. Akhirnya masuk dapur teteuuppppp :)
Bikin yang mudah dan cepet aja yaa, bikin stik soes yang ditabur wijen. Satu resep ini jadinya lumayan banyak  dan sudah dipastikan gak bersisa. Anak-anak paling suka makanan gurih gini.




Langsung ke resepnya aja yaaa,,,,,

STIK SOES TABUR WIJEN
Source : Tabloid Koki ( 00274 ) Maret 2014

Bahan :

  • Tepung terigu protein sedang 200 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Almond bubuk 50 gram
  • Telur ayam 4 butir
  • Margarin 125 gram
  • Air 400 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Wijen putih 100 gram, sangrai
Cara membuat :
  1. Rebus margarin, air dan garam sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  3. Masukkan baking powder dan telur satu per satu sambil dikocok hingga rata.
  4. Tambahkan almond bubuk, kocok kembali hingga rata. Masukkan ke dalam plastik segitiga, potong bagian ujungnya.
  5. Semprotkan adonan hingga berbentuk stik dalam loyang bersemir margarin. Taburi wijen hingga rata. Lakukan himgga adonan habis.
  6. Panggang dalam oven dengan api bersuhu 200'C C. Panggang lembali selama kurang lebih 30 Menit hingga kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam wadah kedap udara. Sajikan.


Jumat, 03 April 2015

NutriSari W'DANK BAJIGUR




Musim hujannya biasanya di bulan April udah berhenti yaaa udah ganti musim kemarau. Tapi musim hujan kali ini sepertinya lebih panjang. Tiap tengah hari mesti hujan, nah kalau udah hujan gini udah dipastikan donk sukanya makan dan minum anget-anget, akupun juga seperti itu. Dan karena itu juga di rumah aku udah nyiapin minuman hangat yaitu " NutriSari W'DANK BAJIGUR ". 






W'DANK BAJIGUR ini merupakan produk dari Nutrifood.  Kita tau kan wedang bajigur ini merupakan minuman penghangat khas Jawa Barat. Aku sendiri suka sama minuman ini, dan sekarang kalau pengen buat gak susah2 karena tinggal masak air aja udah bisa kita nikmatin minuman hangat yang bener-bener enak. Komposisi wedang bajigur ini terdiri dari campuran santan, kopi, gula aren,gula pasir, vanili, garam dan serutan kelapa muda halusnya.
Gak melulu orang tua aja yang bisa nikmatin wedang bajigur ini, anak muda dan anak kecilpun juga boleh dan pasti suka. Terbukti my Kiddos doyan semua, hubby juga doyan.  Jadi sekarang  minuman ini harus selalu ada di rumah, anak-anak juga bisa bikin sendiri.
Soal rasanya jangan ditanya, udah dipastikan rasanya enak dan nikmat banget. Cocok deh buat diminum bareng keluarga dan teman-teman. Karena kemasannya juga praktis satu sachet untuk sekali minum aku bisa bawa ke mana aja W'DANK BAJIGUR ini, Pokoknya suka banget deh sama minuman hangat dan nikmat khas Indonesia ini.

Oh iyaaa W'DANK BAJIGUR ini kandungan gulanya relatif lebih rendah dibanding minuman sejenis.



Sabtu, 21 Maret 2015

PUDING JAGUNG




Bismillah.....
Minggu pagi yang sangat cerah, masih ngantuk tapi tetep aja gak bisa tidur lagi, padahal semalem tidur jam 4 pagi gara-gara nonton film di tv tanggung deh kalau gak sampai kelar. Nah bangun tidur ini kepikiran bikin puding jagung, kemarin beli jagung manis yang rencana mau dibuat bakwan tapi gak jadi, daripada si jagung ini anteng di dalem kulkas gak ada salahnya dibuat puding, yang pasti akan seger dan laris manis dimakan siang-siang. Biasanya kalau buat puding jagung aku selalu buat dua lapisan seperti yang sudah pernah aku posting di sini. Kali ini dibuat satu lapis aja yaa, biar gak bosen juga sih anak-anak sama rasanya dan nyetaknya aku juga buat mungil-mungil.




Tau gak , dedek Kenzie udah bisa bantuin bawa puding jagungnya menuju studio abal-abal, hihihi bahasanya. Maunya pegangin reflektor meskipun udah aku ganjel itu reflektornya, dannnn meskipun aku jadi lama fotonya karena sama momong tapi seneng, bahagia itu mudah. Seperti ini aja kebersamaan sama anak-anak gak bisa terbayarkan dengan apapun.
Jadi meskipun kita sesibuk apapun kebersamaan sama anak-anak gak boleh dilewatkan......

Yukk ahh intip resepnya buat yang mau cobain, ini dedek Kenzie udah tidur dan mamanya segera beberes studio abal-abal..... :)




PUDING JAGUNG

Bahan :

  • 250 gr jagung manis yang sudah diserut
  • 100 gr gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • sejumput garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 gr jagung manis serut, rebus.
Cara membuat :
  1. Blender 250 gr jagung manis dengan santan sampai halus.
  2. Campur blenderan jagung manis, gula, garam dan 1 bungkus agar- agar bubuk. Tambahkan daun pandan masak samai mendidih sambil diaduk.
  3. Tambahkan jagung manis yang sudah direbus, aduk rata. Angkat.
  4. Tuang di cetakan sesuai sesuai selera, 
  5. Sajikan dingin.
Kalau memakai cetakan seperti yang aku pakai satu resep ini jadi 16 biji.
Lumayan banyak kan ..... 




CAKE COKELAT KUKUS



Bismillah......
Hari ini mau jalan-jalan ke luar kota jadi gak masak yang susah-susah, masak simple tapi yang pasti anak-anak suka. Mumpung dedek Kenzie masih tidur jadi bisa ngebut sambil nyambi bikin cake kukus ini. Udah dari kapan hari waktu mbak Rika Oktianti Cetakan Kue  posting  udah kepengen bikin. Mana cetakan mbak Rika cakep ihhhh jadi tambah pengen bikin, emang bener yaa kata orang kalau lihat foto dan bentuk bagus bikin yang lihat pengen coba, dan itu terbukti dan terjadi pada aku. Sayangnya aku gak punya cetakan secantik itu,,,,, gak apa-apa deh yang penting bikin dan pakai cetakan yang ada di rumah aja dan cetakan ini juga beli di tokonya mbk Rika.


Dan inilah jadinya......
Resep yang saya tulis ini separuh resep dari resep mbak Rika,  sedikit aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah....
Resep asli bisa dilihat di sini

CAKE COKELAT KUKUS

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 5 gr emulsifier
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr tepung protein sedang
  • 30 gr susu bubuk cokelat
  • 75 susu cair evaporated
  • 40 ml minyak sayur
  • 50 gr milo bubuk
Cara membuat :
  1.  Kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang dan kental.
  2. Masukkantepung terigu, susu bubuk kocok hingga rata. Masukkan susu Evaporated dan minyak, aduk hingga rata.
  3. Masukkan bubuk minuman cokelat, aduk hingga rata. Siapkan cetakan yang sudah dioles sedikit minyak. Tuang 3/4 penuh dari cetakan, kukus sampai matang. Lakukan tes tusuk dengan lidi, kalau sudah tidak lengket berarti sudah matang.

Jumat, 20 Maret 2015

NUGGET PISANG


Bismillah.....

Hari ini rajin yaaa, bikin -bikin langsung posting. Nugget pisang jadi cemilan anak-anak sama ponakan yang pada datang, hihii hampir tiap weekend di rumah rame pada ngumpul keluarga besar, habis makan pagi pada berangkat renang dan jadilah di rumah aku foto-foto nugget yang sengaja disisa. Nugget pisang ini buatnya cepet daripada yang aku buat sebelumnya, kalau sebelumnya cara bikinnya pakai dikukus dulu kali ini gak, aku cetak aja di snack maker pan asal set dan berbentuk bulet. Resepnya aku pakai dari mbak Citra Ummu Fatima dengan sedikit aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.





Yang aku tulis ini resepnya sudah sedikit aku modifikasi

NUGGET PISANG

Bahan :

  • 250 gr pisang kepok yang sudah dikupas, haluskan
  • 25 gr susu bubuk full cream
  • 75 gr gula pasir
  • 125 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung custard 
  • 50 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • sejumput garam
Bahan pencelup :
  • 1 butir telur kocok lepas

Cara membuat ;
Campur semua bahan jadi satu, aduk rata. Cetak di snack maker yang sudah dipanaskan terlebih dahulu asal set. Angkat.
Masukkan di bahan pencelup, lalu gulingkan di tepung panir. Diamkan sebentar.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai berwarna kecokelatan. 
Angkat sajikan hangat.




Rasanya enak, hahaha ya iyalahhh secara di rumah  banana lovers jadi apapun tentang olahan pisang selalu dapat kata " enak ". Yang penting anak-anak juga seneng. 
Makasih yaa mbak Citra Ummu Fatima buat share resep nugget pisang praktisnya .