Minggu, 02 Maret 2014

CARABIKANG NCC



Alhamdulillah minggu ini kesampaian juga bikin carabikang, setelah kurang lebih dua minggu pengen banget makan kue ini. Kalau beli belum pernah nemuin rasa yang pas.
Awalnya gara-gara lihat postingan mbak Istiqomah di group dengan warna hijau pandan yang menggoda jadi pengen nyoba resepnya. Waktu giliran nyoba jaringan internet gak bagus, gak bisa buka resepnya. Jadi carabikang ini pakai resepnya bu Fatma Bahalwan. Kalau resep ini sudah masuk buku jadi tinggal buka aja.


Bikin kue carabikang ini sebenernya gak susah klo cara buatnya sesuai resep. Gak bakalan gak berserat. Cetakan mamaku ini agak dalam lubangnya jadi kurang bagus untuk bentuknya.



 Berikut resepnya dari NCC saya tulis ulang ya.

CARABIKANG
source : Ibu Fatma Bahalwan

Bahan :

  • 450 gr tepung beras
  • 250 ml air
  • 300 gr gula pasir
  • 600 ml santan panas
  • 1 sdt garam
Cara membuat :
  1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut, dinginkan.
  2. Taruh tepung beras dalam wadah, lalu tuangi air gula, aduk hingga rata ( menggunakan mixer speed rendah ) tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan ditepuk-tepuk selama kurang lebih 30 menit  ( dapat menggunakan mixer kecepatan sedang ).
  3. Ambil sedikit adonan dan bagi menjadi 2 beri pearna sesuai selera.
  4. Panaskan cetakan carabikang. olesi dengan minyak sedikit saja. Tuang adonan putih hingga 3/4 penuh. Beri adonan warna masing-masing 1 sdt. Biatkan matang dan berlubang-lubang, angkat dengan cara mencukil dari bagian bawah sedemikian rupa sehingga carabikang mekar terbalik.
Catatan :
sebelum diangkat carabikang atasnya saya tambahin santan kental yang diberi sedikit garam, dioles-oles. Rasanya lebih gurih.




Tidak ada komentar: