Rabu, 04 Juni 2014

MARTABAK MANIS KEJU



Martabak manis ini sebenernya cemilan yang paling sering aku buat, biasanya kalau keponakan-ponakan kalau pada ngumpul martabak manis ini selalu ada, mereka bisa request untuk isiannya. Ada yang suka pakai keju aja, ada yang suka pakai cokelat meses ada yang suka dicampur antara keju dan meses. Kalau aku sendiri sama anak-anak suka pakai keju aja, papanya suka pakai cokelat meses. Tergantung selera aja sih ya..... yang penting sama enaknya kok ^ ^

Kali ini aku bikin gak pakai loyang asli martabak manis, aku pakai wajan teflon. Males ngeluarkan cetakannya. Sama berseratnya kok meskipun pakai teflon.










Resepnya aku pakai dari Sajian Sedap. Resep yang aku tulis sudah aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah dan akhirnya selalu aku pakai tiap bikin martabak manis pakai cetakan besar.

Bahan :

  • 230 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr tepung custard, supaya warnanya kuning ( bisa diskip)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt soda kue
  • 75 gr gula pasir
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 kuning telur
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 350 susu cair
Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder.Tambahkan  tepung kustard, gula pasir . Aduk rata. Tambahkan telur kocok, vanili bubuk dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Tambahkan soda kue, aduk rata. Adonan  siap digunakan.
  3. Tuang di loyang yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Biarkan sampai  berbusa dan berlubang-lubang. Tabur gula pasir. Tutup sampai matang. Angkat.
  4. Oles dengan margarin, tabur bahan topping. Tuang susu kental manis. Potong  menjadi 2, tumpuk. Oles sisi-sisinya dengan margarin.  Potong-potong sesuai selera. 



Tidak ada komentar: