Kamis, 19 Juni 2014

BOLU SAKURA


Hari ini ceritanya di rumah gak ada cemilan, anak-anak pulang sekolahnya pagi dan dedek Kenzie ada di rumah. Bikin cemilan dulu yang cepet bikinnya, mumpung dedek Kenzie masih bobok. 

Gara-gara lihat bolu sakura di Tabloid yang aku baca kapan hari itu jadi kepengen bikin. Dulu pernah bikin sekali warnanya kurang nyokelat, pucet aku bilangya. Masih takut-takut bikin karamelnya, karena kalau gosong kan rasanya jadi pahit. Yeiii sekarang aku berhasil....aku berhasil.... hihihihihi edisi seneng bikin bolu sakuranya sesuai harapan warnanya nyokelat dan gak pahit ^ ^

Resepnya aku pakai resep dari mbak Rina Rinso, lihat mbak mbak Hesti juga pakai resep mbak Rina, wahhh makin manteb aja coba resep ini,  makasih yaa mbak buat resepnya.... kata mamaku enakkkk, hihihihi anak-anak aja awal gak mau nyentuh, setelah lihat aku makan ngincipin dikit ehhh keterusan, dan komentnya juga bikin seneng,,,, Enakkkk. Seneng deh gak sia-sia bikin cemilan hari ini. 










Aku bikin setengah resep aja, hasilnya juga dah banyak. Sekitar 20 biji.

Bahan :
  • 250 gr gula pasir
  • 250 ml air matang
  • 2 butir telur
  • 50 gr margarin cair
  • 225 gr protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
Cara membuat :
  1. Oles cetakan bolu sakura dengan margarin hingga rata, taburi dengan sedkit tepung terigu. Sisihkan.
  2. Masak 125 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk, masak sampai mendidih. Angkat. Sisihkan.
  3. Kocok telur dengan sisa gula pasir sampai kental dan mengembang, tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata ( Pada saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir )
  4. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk secara perlahan hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 cetakan. Kukus sekitar 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.










Tidak ada komentar: