Sabtu, 07 Juni 2014

KEMBANG GULA KELAPA ( GEPLAK )


Alhamdulillah.... akhirnya bikin juga kembang gula kelapa atau yang biasanya disebut juga dengan geplak. Ceritanya ini udah kedua kalinya aku bikin, yang pertama kira-kira dua minggu yang lalu, gak sempet difoto soalnya keburu habis waktu mau difoto ada tamu, jadinya ya udahlah buat suguhan tamu aja, toh bikinnya gampang lain waktu bikin lagi. Nah baru hari ini aku kesampaian bikin lagi. Hari ini diniatin  bikin sekalian buat setoran Challenge #5 YKMK 2014 ( is all about coconut ).

Kembang gula kelapa ini sendiri sebenernya jenis makanan yang sudah jarang banget ditemukan. Tapi di sebagian daerah masih bisa ditemukan pada saat ada acara hajatan, dan biasanya dibungkus plastik untuk suguhan maupun untuk oleh-oleh  dibawa pulang. Rasanya manis gurih. Pokoknya enak banget. Menurut cerita orang-orang tua, jaman dulu bikinnya harus dijemur biar awet. Hihihihi aku bikin gak pakai dijemur, soalnya bikinnya juga cuma dikit. Didiemin bentar aja udah keras kok. Dingin baru disimpen dalam wadah yang kedap udara. Yang bikin ribet mungkin waktu mengolah kelapanya harus diserut, pakai food processor
juga bisa kok.






Resepnya aku pakai dari tabloid Lezat edisi 255 Maret 2014, dan resep yang aku tulis sudah aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Bahan :
  • 600 gr kelapa setengah tua, serut ( dari 1 butir kelapa )
  • 300 gr gula pasir
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt vanili bubuk
Cara membuat :
  1. Campur gula pasir, vanili bubuk dan air, masak sampai gula larut.
  2. Masukkan kelapa, aduk rata. Masak sambil diaduk hingga berambut.
  3. Panas-panas ambil 6 sendok makan, bagi dua. Satu bagian diberi warna merah dan satunya warna hijau.
  4. Cetak dengan menggunaka dua sendok dan atasnya beri bagianyang sudah diberi warna. Diamkan beberapa saat sampai mengeras, setelah keras dan dingin masukkan wadah kedap udara. 

#  Di resep memakai garam, bila suka bisa ditambahkan.



Tidak ada komentar: