Kamis, 08 Juni 2017

KLANTING

Beda daerah beda nama kue satu ini rupanya, Klanting klo di Lumajang nyebutnya. Makanan ini udah jarang ditemuin, dan resep ini dikasih temen 4 tahun yang lalu @animelianapdam yang katanya sodaranya jualan kue ini, dan beneran rasanya ini mirip yang dijual2 itu, manisnya pas. Bikinnya juga gampang dan cepet. Dimakan hangat-hangat sama taburan kelapa gak berasa udah habis berapa biji aja. Kalau di Lumajang jualnya juga ditusukin seperti ini. Harganya juga murah banget. Tapi karena udah bisa bikin sekarang kalau pengen tinggal masuk dapur, uprek sebentar aja udah jadi :)


KLANTING

Bahan :

1 kg singkong diparut halus, peras buang airnya
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung tapioka
garam secukupnya
4 lembar daun pandan
1 butir kelapa yang setengah tua, parut
tusuk sate secukupnya

Cara membuat :

Didihkan air secukupnya bersama daun pandan
Campur semua bahan jadi satu, aduk hingga tercampur rata.
Bentuk bulat-bulat kecil seperti membuat klepon
Masukkan ke dalam air yang sudah didihkan bersama daun pandan
Apabila sudah mengapung berarti sudah matang, angkat dan tiriskan
Gulingkan diatas kelapa dan tusuk dengan tusukkan sate.
Sajikan

Kalau mau dikasi pewarna makanan, sebelum dibentuk bola-bola campur dengan pewarna sampai rata.

Posting Komentar