Selasa, 27 Juni 2017

EGG TART ( PIE SUSU )

Bikin Pie susu ukuran Jumbo gini baru sekarang, biasanya bikin di cetakan kecil-kecil gitu biar gak usah diporong-potong. Tapi kalau bikin yang besar juga penasaran, akhirnya loyang yang entah udah berapa lama beli terpakai juga. Enak pie susu yang ukuran gede ini sih sekali cetak selesai, gak enaknya ngovennya lamaaaaa :) butuh waktu 1,5 jam. Tapi gak masalah ya untuk sebuah pie yang rasanya enak ini.
Aku untuk kulitnya dioven bentar ya kira-kira sekitar 10 menitan sampai 15 menitan gitu biar kulitnya lebih keras.


Egg Tart (Pie Susu)
( source : mbak @rickeindriani_ordinarykitchen )

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu ( saya pakai pasta vanilla )

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 95 menit hingga filling set dan menguning ( sesuaikan oven masing2 ).
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan.
Saya bikin separuh resep dan jadi satu loyang pie ukuran 20 cm.





Posting Komentar