Jumat, 12 September 2014

WINGKO BABAT





Hari ini pengen buatin papanya anak-anak kue kesukaannya, gak susah sih bikin kuenya, tapi karena seleranya si papa ini berbeda banget sama aku dan anak-anak jadi selama ini suka beli aja kalau papanya anak-anak kepengen makan kue wingko ini. Pernah bikin sih dulu ( udah lama banget ) hihihihi  tapi  gak dicetak seperti ini. Jadi adonan udah jadi di tuang diloyang lalu dioven, alamakkkk lama ngoven wingkonya, jadinya maleslah mau bikin lagi. Nah hari ini berhubung mau nyenengin si papa, hihihihi gayanya yaa ( bukan karena ada maunya lhoo yaa ) tapi karena papa udah bisik-bisik mau gantiin hape lama yang sering error, tiap ada BBM or SMS suka telat masuknya,kalau udah gini yang repot kan si papa sendiri  ....eitsss jadi apa donk kalau bukan karena ada maunya..... beda tipis kali yaa, karena bukan saya yang minta, tapi karena kemauan si papa sendiri yang mau gantiin :)

Jiahhh jadi cerita panjang lebar, yukkk ahh kembali ke wingko ini. Wingko yang saya buat dulu tanpa ada campuran tepung tapioka dan santan. Nah saya tuh kepengennya wingko yang teksturnya seperti yang dibeli di toko kue langganan kenyal-kenyal gitu. Search di geogle, intip resep Mbak Ariesta, menurut mbak Ita ini wingkonya enak, dan lihat bahannya saya juga tertarik ada penggunaan tepung tapioka,,,, bisa dibayangkan kan kalau ada tepung tapiokanya pasti deh ntar jadinya kue wingko ini menul-menul ,jadi gak sabar pengen nyobain resepnya. 

Hari ini pulang kantor lebih awal. udah diniatin bikin wingko, jadi semua bahan disiapin dari pagi.
Bikin satu resep dari mbak Ita hasilnya lumayan banyak lho, jadi buat yang mau coba bikin,  kalau di rumah gak banyak orang yang buat incip-incip  lebih baik bikin satu resep aja yaa. Saya pakai snack maker hasilnya 15 biji. Banyak kan,,,, ini aja aku kirim ke mama sama budhe. Secara di rumah yang suka cuma papanya anak-anak. Saya makan satu aja udah kenyang.  Menurut mama dan budhe "enak ". 










Resep asli bisa di lihat di Mbak Ita " Dapur Griya Khayangan ", resep yang saya tulis udah ada yang saya sedikit modifikasi. 
Terimakasih buat mbak Ita share resepnya,... enak mbak wingkonya :)

WINGKO BABAT

Bahn :
  • 150 gr tepung ketan putih
  • 50 gr tepung tapioka
  • 40 gr kelapa setengah tua, parut
  • 250 gr gula pasir
  • 2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 250 ml santan kental dari 1/4 butir kelapa
  • 100 gr margarin,cairkan
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1 sdm minyak goreng
Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan putih, tepung tapioka, kelapa parut, gula pasir, vanili bubuk dan garam. Aduk rata dengan tangan sambil diremas-remas sampai tercampur rata.
  2. Tuang santan dan margarin sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dan diremas-remas supaya gula larut.
  3. Masukkan telur dan minyak goreng, aduk lagi sampai adonan tercampur rata dan kental.
  4. Panaskan cetakan  ( snack maker atau cetakan lumpur ) oles dengan margarin, Tuang adonan sampai penuh, karena adona tidak mengembang. Setelah bagian bawah sudah berwarna kekuningan balik wingko dan panggang kembali sampai berwarna kekuningan seperti bagian yang bawah.
  5. Angkat dan dinginkan.
* Untuk penggunaan snack maker, setelah nyetak adonan kedua cetakan tidak usah dioles margarin.
* Kue wingko ketika diangkat akan sedikit kaku tapi setelah hangat dan dingin kue menjadi lemas     tidak kaku.










Tidak ada komentar: