Kamis, 29 Mei 2014

TELUR CEPLOK MASAK KECAP


Telur ceplok dimasak kecap ini enak banget lhoo dimakan sama nasi anget, anak-anak suka banget  buat sarapan pagi. Aslinya di rumah itu suka masakan yang berbau kecap, jadi kalau sejenis tumis-tumis hampir semua pakai kecap. Nah cerita kecap ini juga belinya di Pati - Jateng, asal hubby. Kalau habis suka dikirim lewat jasa pengiriman. Lhaaaa suamiku ini rada peka di kecap, aku pakai kecap merk lain pasti ketahuan. Kata temen-temen yang pernah aku oleh-olehin kecap ini, semua bilang enak. Aku sendiri sih juga bingung bedanya di mana, hihihihi asal kecap sama aja yaa ^ ^
Kembali ke telur ceplok ini, meskipun udah diceplok terus berbumbu tapi gak bau amis . Mungkin karena pemakaian bumbu seperti laos dan daun salam itu yaaa. Aku bikinnya selalu sekali habis, jadi masih anget makannya. 




Resepnya aku pakai dari Sajian Sedap.

TELUR CEPLOK MASAK KECAP
source : Sajian Sedap
  • 7  butir telor ayam diceplok satu per satu
  • 2 siung bawang putih dicincang halus
  • 4 butir bawang merah diiris bulat
  • 3 buah cabai merah diiris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm laos, dimemarkan
  • 1 buah tomat dipotong-dipotong
  • 4 sdm kecap manis ( aku pakai lebih karena suka yang berwarna cokelat kecap )
  • 1 sdtkecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 200 ml air
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 sdm minyak untuk menumis
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai mera keriting, daun salam dan lengkuas hingga harum, tambahkan tomat. Aduk rata.
  2. Masukkan kecap manis, kecap asin, garam dan merica bubuk. Aduk rata, tuang air masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan telur ceplok, masak hingga kuah mengental.
  4. Menjelang diangkat tambahkan daun bawang.
Catatan : Aku pakai tambahan sedikit gula pasir.





Tidak ada komentar: