Minggu, 11 Mei 2014

PRETZEL BREAD




Alhamdulillah akhirnya bisa setor tepat waktu lagi untu PR LBT # 32 yang bertemakan Pretzel Bread. Pretzel Bread berasal dari dataran Eropa Timur. Di setiap negara memiliki ciri tersendiri baik di dalam adonan maupun bentuknya juga rasa tapi dalam cara pembuatannya hampir sama.
Pretzel bread salah satu cirinya adalah berbentuk seperti bulatan melingkar.









Langsung ke resep ya, aku memakai resep dari Just Try & Taste.

SOFT PRETZEL
Resep diadaptasikan dari  Food Network - Homemade Soft Pretzel oleh Alton Brown

Bahan :

  • 4 sdm margarin / mentega, lelehkan
  • 375 ml air hangat suam kuku
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 1/2 sdt ragi instan
  • 550 gr tepung terigu serbaguna
Glaze :
  • 1 buah kuning telu + 1 sdm air ( aku ganti dengan 1 sdm susu cair + 1 sdm madu )
  • garam untuk taburan
Topping :
  • Biji poppy
  • Biji Wijen ( aku pakai wijen hitam )
Air untuk merebut pretzel :
  • 2 1/2 liter air
  • 85 gr baking soda
Cara membuat :
  1. Campur tepung dan garam aduk rata.
  2. Campur air hangat dan ragi instan, biarkan 5 menit atau hingga larutan mulai nampak mengeluarkan gelembung atau busa.
  3. Masukkan tepung ke dalam larutan ragi, tambahkan margarin atau mentega cair. Uleni hingga kalis dan elastis.
  4. Keluarkan adonan dan bentuk menjadibulatan yang sama. Oles mangkok dengan minyak dan masukkan adonan ke dalamnya.  Tutup permukaan mangkok dengan kain bersih dan istirahatkan selam 1 jam hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat.
  5. Panaskan oven dengan suhu 170'c letakkan ak pemanggan di tengah,  siapkan loyang pipih untuk memanggan kue kering alasi dengan kertas minyak.
  6. Kempiskan adonan bagi menjadi 8 bagian, ambil 1 buah adonan, letakkan di atas meja yang sedikit bertabur sedikit tepung, gelindingkan adonan dengan satu telapak tangan hingga membentuk silinder panjang. Gunakan keduan telapak tangan anda dan gelindingkan adonan hingga adonan semakin memanjang seperti tali dengan ketebalan yang sama. Tarik-tarik ujung-ujung adonan dengan kedua tangan utuk membuatnya semakin memanjang. Panjang adonan sekitar 30 cm.
  7. Abil 1 ujung adonan, kemudian tarik ke bagian tengah hingga membentuk lengkungan, kemudian tarik ujung adonan lainnya dan tarik ke tengah adonan. Letakkan satu ujung di atas ujung lainnya. Tekan-tekan agar melekat dengan baik. Tata adonan di atas loyang. Lakukkan hingga adonan habis.
  8. Taburi permukaan pretzel dengan garam, panggan selam 10-15 menit atau hingga pretzel mengembang  dan permukaannya sedikit kecokelatan. Keluarkan dari oven.
  9. Siapkan panci,masukkan air dan baking soda, rebus hingga air mendidih. Masukkan pretzel, rebus selama 30 detik sambil dibolak balik. Angkat, tiriskan dan dinginkan. Jika pretzel telah dingin olesi permukaannya dengan bahan glaze,  taburi dengan wijen atau biji poppy. Panggan pretzel selama 30 - 35 menit atau hingga permukaannya berwarna gelap dan mengkilap.
  10. Angkat, dan siap disajikan dengan madu, mentega atau mayonaise.



Tidak ada komentar: