Senin, 28 April 2014

KUE GETAS



Yeiiiii akhirnya aku bisa bikin getas, ternyata gampang.Kalau setahuku kan bahannya dari ketan yang dimasak, terus ditumbuk. Haduhhhh ribet bayanginnya. Akhirnya aku lihat resep mbak Diah Didi, lha kok gampang dan gak pakai ketan yang dimasak itu. Yesss jadi semangat bikinnya. Mumpung libur hari Sabtu kemarin habis nyetak soes aku langsung eksekusi. Berhubung aku gak punya parutan jadi minta tolong mamaku untuk parutin kelapanya ( makasih yaa mama udah bantu marutin kelapa *_^ ). Urusan kelapa parut beres di tangan mama, aku langsung blender kelapa untuk santan. Aduk-aduk jadi deh adonan kue getasnya.




Kata mama, anak-anak dan hubby enak, duhhh senengnya hasil uji coba kali ini dipuji orang-orang tercinta, gak sia-sia bersibuk ria di dapur ^ ^








Sebenernya aku bikin kue ini untuk setoran Monthly Event April 2014 group Pawon Ibu di FB.... 

Berhubung suka lihat getas yang baru pertama aku buat jadi fotonya banyak ya :)

Resep asli  bisa dilihat di  mbak Diah Didi, resep yang aku tulis udah sedikit aku modif. Ijin share yaa mbak ^ ^

KUE GETAS
source : Diah Didi
Modif : Veronica Dhani

Bahan :

  • 175 tepung ketan putih
  • 175 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 3/4 sdt garam
  • 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • minyak untuk menggoreng
Bahan Besta :
  • 40 ml air
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat :
  1. Aduk rata tepung ketan, kelapa parut dan garam. Tuang santan sedikit demi sedikit, aduk rata. Bentuk bulat pipih.
  2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  3. Besta : Rebus air, gula dan garam sampai mendidih, berambut dan kental. Masukkan kue aduk rata. Matikan api, aduk terus sampai kering.

Rasanya enak, gurih. Makasih yaa mbak Diah buat resepnya. Next mau coba yang rasa pandan.




Tidak ada komentar: