Senin, 07 April 2014

Cap Cay


Satu lagi menu kesukaan anak-anak, apalagi aku yang suka banget sayur. Menu ini bisa untuk menyiasati anak-anak yang gak suka sayur, biasanya begitu mau makan lihat sayurnya udah males, tapi begitu ada bakso dan juga ayam di dalamnya mereka pasti bilang mau.Bikinnya juga cepet jadi gak ada alasan untuk males-malesan masak. Aku gak suka pakai saos seperti kalau kita beli yang cap caynya jadi warna merah gitu, aku lebih suka akai tomat segar yang diblender. Rasanya jadi lebih seger dan warnanya juga gak merah.
Yang pasti lebih sehat ^ ^


CAP CAY 
source : Sajian Sedap

Bahan :
  • 150 gr wortel diiris serong
  • 50 gr jagung puren diiris serong
  • 200 gr kembang kol dipotong per kuntum
  • 3 lembar jamur kuping direndam dipotong-potong
  • 3 batang caisim diiris 
  • 100 gr paha ayam fillet diiris tipis
  • 4 buah bakso sapi diiris tipis
  • 1 buah bawang bombay diiris panjang
  • 3 siung bawang putih dicincang kasar
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdm kecap ikan / aku skip
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm tepung sagu dilarutkan dengan 2 sdm air / aku pakai tepung maizena
  • 1 batang daun bawang dipotong miring
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 300 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 buat tomat bisa diblender bisa dipotong kecil / tambahan dari aku
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum. Tambahkan tomat, aduk rata.Masukkan ayam. Tumis sampai berubah warna.
  2. Tambahkan bakso, wortel, jagung putren, kembang kol dan jamur kuping. Tumis sampai layu.
  3. Masukkan caisim, saus tiram, garam, gula merica bubuk dan kaldu ayam bubuk, aduk rata.
  4. Tuang air masak samai mendidih, Tambahkan larutan tepung sagu. Masak sampai kental dan matang.
  5. Masukkan daun bawang dan minyak wijen, aduk rata.Incipi dulu rasanya. Kalau udah pas angkat. Sajikan.




Tidak ada komentar: