Minggu, 06 April 2014

Ikan Tongkol Asam Segar


Masak lagi......
Kemarin papa dikasih temennya ikan tongkol segar banyak banget, susah cari ikan tongkol segar di daerahku. Biasanya di pasar itu kalau jual sudah diasap atau dikukus. Baru deh kalau ke pelabuhan dapat yang fresh kayak gini. Nah berhubung aku suka dimasak yang segar- segar dan papa sukanya pakai kecap jadi deh gugling-gugling nyampe di resep ini. Asli seger ....


Mungkin kalau ditambahin cabe rawit yang banyak jadi lebih enak. Sayangnya karena takut kepedesan jadi aku skip penggunaan cabe rawitnya.


 Ini resepnya aku tulis ya ....

IKAN TONGKOL ASAM SEGAR

Bahan :
  • 250 gr ikan tongkol
  • 3 sing bawang merah iris tipis
  • 2 siung bawang diiris tipis
  • 3 buah belimbing wuluh diiris serong
  • 5 buah cabai kecil diiris ( aku skip )
  • 1 cabai merah iris serong ( aku pakai 3 buah cabai merah )
  • 1 sdt garam 
  • 2 sdt gula pasir
  • 3 sdm kecap manis ( aku 4 sdm )
  • 1 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas digeprak
  • 2 gelas air ( aku pakai 500 ml air )
Cara membuat :
  • Goreng ikan tongkol setengah matang atau sampai berkulit saja. 
  • Tumis bawang merah, bawang putih, cabai dan lengkuas hingga harum.
  • Masukkan air, masukkan tongkol, daun salam, belimbing wuluh, garam, gula dan kecap. Didihkan.
  • Masak sampai bumbu meresap. Angkat dan sajikan.





Tidak ada komentar: