Sabtu, 19 Juli 2014

SEMPRONG WARNA






Ini pertama kalinya aku bikin kue semprong, kue semprong ini hampir tiap tahun selalu ada di rumah mama saat lebaran. Aku sendiri belum pernah bikin sendiri paling cuma lihat-lihat aja kalau mama bikin. Biasanya mama diadonan selalu dikasih parutan jahe dan tabura wijen. Jadi rasanya gurih -gurih gimana gitu, pokoknya enak banget. Nah berhubung aku penasaran pengen bikin sendiri jadi aku warna -warna aja. Duhhh yang bikin capek bikinnya harus satu-satu dan  kudu punya ekstra kesabaran , cetakan yang dipakai juga cetakan yang dipanaskan di atas kompor. Jadinya harus bener-bener jaga supaya gak gosong dan dibalik-balik. Tapi setelah matang terbayarkan deh rasa capeknya, lihat kue semprong warnaku ini. Meskipun bentuknya gak bagus  tapi lumayan puaslah ^ ^
Nglipatnya juga aku gak dibuat bulet memanjang gitu soalnya pengen yang bentuk kipas, jadi cuma dilipat-lipat aja. Hihihihihi ini masih bisa disebut kue semprong gak yaaa ^ ^ 







Resepnya aku pakai dari NCC

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 500 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 75 gr tepung sagu
  • 230 gr gula pasir
  • 2 sdm wijen hitam ( skip )

Cara membuat :
  1. Dalam wadah campur tepung terigu, tepung sagu dan gula pasir, aduk rata. Buat cekungan ditengahnya.
  2. Tuang telur pada cekungan tadi , aduk searah memutar sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan cair. Saring beri wijen aduk rata.
  3. Panaskan cetakan kue semprong , buka dan tuang di tengahnya satu sendok makan adonan.Tutup cetakan, biatkan 5 menit. Buka gulung perlahan menggunakan sumpit, dinginkan sebentar supaya mengeras, lepaskan dari sumpit.




Posting Komentar