Selasa, 23 Juni 2015

APEM KICIR GULA MERAH


Jajanan satu ini paling aku suka biasanya dijual lengkap ada lupis, latok, bledus, cenil, dan banyak lagi gak tau namanya juga aku. Kali ini aku nyoba bikin nyontek resep mbak Vivi. Kebayang makan anget-anget gitu sama taburan kelapa yang setengah tua dan disiram saus gula merah. Istilahnya dikicir gitu di daerahku, makanya disebut apem kicir.
Karena hari ini gak masak request anak-anak beda jadi beli matengnya aja, dan aku  bisa nyantai bikin-bikin kudapan. Sayang kemarin waktu nyetak aku pakai cetakan apem renda lengket ke cetakannya, akhirnya aku pakai cetakan teflon untuk pancake. Sama aja kok hasilnya :)
Satu resep ini jadi sekitar 12 biji, Alhamdulillah anak-anak sama papanya suka.....



APEM 
source : mbak Vivi

Bahan  Apem :
  • 250 gr tepung beras Rose Brand
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 50 gr tape yang sudah matang ( buang seratnya dan haluskan )  
  • 450 cc santan hangat
  • garam secukupnya
Bahan saus gula merah :
  • 200 gr gula merah
  • 250 air
  • 1 lembar daun pandan 
Cara membuat :
  1. Campur tepung beras, tepung terigu, ragi instan, tape  dan garam. Aduk rata.
  2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai licin. Diamkan selam 30 menit.
  3. Cetak mengunakkan cetakan apem.
  4. Sirup gula merah : Campur semua bahan jadi satu, didihkan sambil sekali-sekali diaduk. Masak sampai gula merah sedikit mengental.
  5. Sajikan apem dengan parutan kelapa dan saus gula merah.
Maturnuwun mbak Vi buat share resepnya, jadi bisa bikin sendiri sekarang kalau pengen makan apem kicir anget :)

Tidak ada komentar: