Kamis, 22 Desember 2016

ROTI TAWAR SANTAN PANDAN


Ngeroti lagiiiiiiiii, bikin resep lain lagi yaaa. Kali ini pakai santan adonannya, sama lembutnya. meskipun pkai santan 3 hari gak berjamur rotinya. Resepnya mbak Xanderskitchen ini top deh. Anak-anak sama papanya juga suka.


Bahan :
  • 400 gr tepung terigu protein tinggi
  • 100 gr tepung terigu protein sedang 
  • 40 gr gula
  • 5 gr ragi instan ( saya pakai 6 gr )
  • 25 gr susu bubuk full cream
  • 320 ml santan ( saya 290 ml santan dan 30 ml air dari daun pandan )
  • 2 sdm air endapan daun suji ( saya gak pakai karena udah pakai air pandan )
  • 2 lembar daun pandan ( saya gak pakai )
  • 1 sdt butter ( saya 1 sdm penuh )
  • Sejumput garam
Cara membuat :
  1. Masak santan dan endapan daun suji dan daun pandan sampai matang, angkat dan dinginkan. ( saya pakai santan tanpa dimasak ) 
  2. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Tambahkan santan dingin dan garam, aduk rata. Masukkan butter ( jika adonan masih keras tambahkan sedikit santan cair ), aduk sampai adonan kalis dan elastis.
  4. Bulatkan adonan, diamkan kira-kira 15 menit, lalu timbang sesuai kapasitas isi loyang.
  5. Diankan kira-kira 10 menit, tipiskan adonan, gilas lalu gulung rapi. Letakkan di loyang yang sudah dioles mantega.
  6. Biarkan adonan mengembang sampai 2 kali lipat.
  7. Panggang roti sampai matang, sesuaikan oven masing-masing.


Tidak ada komentar: