Senin, 12 Desember 2016

BURGER



Masih inget sama roti yang pakai adonan overnight kapan hari yang saya share...... ? kali ini saya bikin lagi. Dibuat burger aja yaaa, request anak-anak donk pastinya. Masya Allah begitu mateng saya seneng liatnya. hasilnya udah lembut terus cantik. sampai fotonya aja ada 5 :) Gak apa-apa yaaa. sayang kalau mau dibuang fotonya. Untuk toppingnya saya pakai wijen hitam biar warnanya jadi lebih cantik. kalau gak ada wijen hitam pakai wijen putih juga cantik kok. 
Di sini saya juga mau menjawab pertanyaan yang dikirim inbox maupun dm yaaa, banyak pertanyaan kayak gini : 
* kalau saya mau bikin jam 7 pagi kapan donk saya bikin adonan overnighnya ? Adonan overnightnya ya mundur 16 jam donk ...... hitung sendiri yaaa. terus kalau saya bikin jam 12 siang adonan overnightnya kapan bisa dibikinnya mbak.....? ya maju 16 jam donk...... 
* kalau dibikin pakai ulen tangan bisa ? bisaaaaaaaa asal sampai kalis elastis.
* kalau dibikin roti manis bisa ? bisaaaaaaaa
* kalau dibikin pakai oven tangkring bisa ? bisaaaaaaaa
banyak pertanyaan yang lain dan ini hanya sebagian, dan pertanyaan ada yang seperti ini juga ....
mbak kok punyaku bantet, kok punyaku kering, kok punyaku gosong kaku keras dan lain-lain...... itu semua tergantung oven dan apa kita udah benar-benar sesuai resep. apa kita adonannya sudah kalis elastis ? kalau sudah sesuai resep berarti ada faktor lain. misal panas oven beda-beda, jadiiiiiii kenali yukkkk dan sering-sering pacaran sama ovennya. kalau kita sering bareng oven, kita tau karakter oven kita itu seperti apa, jadi gak dari resep aja kegagalan kita baking itu. banyak faktor juga.



ADONAN OVERNIGHT :
Bikin kira-kira 16 jam sebelumnya yaaa
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi
  • 150 ml air hangat kuku + 1 sdt ragi instan ( aduk rata )
Aduk semua bahan jadi satu pakai sendok aja, diamkan suhu ruang selama 1 jam lalu masukkan ke dalam kulkas, tutup degan cling warp bagian atasnya.

ADONAN UTAMA :
  •  250 gr Tepung terigu protein tinggi ( saya pakai Cakra )
  • 100 gr tepung terigu protein sedang ( saya pakai Segitiga Biru )
  • 8 gr ragi instan ( saya pakai Saft Instant )
  • 80 gr gula pasir 
  • 1 butir telur 
  • 1 kuning telur
  • 40 cc susu cair / tuang pelan-pelan sesuai kebutuhan ( saya pas 40 cc )
  • 80 gr butter ( saya pakai Anchor )
  • 6 gr garam
Cara membuat :
  1. Dalam wadah aduk rata tepung, ragi, gula pasir lalu masukkan telur + susu cair pelan-pelan jangan di tuang langsung sekaligus, takut kelembekan. Lalu masukkan adonan biang.
  2. Mixer sampai kalis, masukkan butter + garam, lalau mixer lagi sampai kalis dan elastis.
  3. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat.
  4. Kempiskan adonan, timbang dan bulat-bulatkan. Diamkan 20 menit sampai mengembang 2 kali lipat.
  5. Oles kuning telur, oven dengan suhu 170-190' C sampai matang.
ISIAN :

Daging burger siap pakai ( saya pakai Bernardi )
tomat, bawang bombay, daun selada, saus sambal dan mayonaise



Tidak ada komentar: