Kamis, 01 Desember 2016

ROTI TAWAR ( OVERNIGHT SOFT BUN DOUGH )



Bikin roti ini gegara lihat postingan si mama cantik Tintin Rayner, rotinya cakep-cakep kalau si mama ini yang bikin, gak cuma roti aja sih segala yang dia bikin pasti hasilnya cakep. Resep ini dulu udah mau dicoba waktu si kakak Dapur Manis bikin, Udah lama juga kan berarti saya ngesave resep ini tapi males mau bikin karena ada bikin biangnya juga. Nahhhh kali ini coba ngilangin magernya. Ahayyyy niat yesss, habis sholat magrib bikin biang. Deg-degan juga takut gak ngembang si biang, baru pertama ini bikin soalnya. Nahhhh sia biang ini habis dibikin didiemin dulu suhu ruang selama satu jam, habis itu si biang ngembang cantik baru dimasukin dalam kulkas. 
Setelah didiemin 14 jam si biang ini seratnya panjang-panjang, jadi penasaran kan saya sama hasil rotinya.
Muncul juga sih di dalem hati, apa gak asem ya nanti rotinya, karena si biang lama gitu didiemin. Ternyata oh ternyata gak ada asem-asemnya sama sekali, rotinya empuk, seratnya cantik. Udah gitu si roti tetep empuk aja selama 3 hari tapi dalam kondisi masih dalam wadah tertutup, selanjutnya jangan tanya lebih dari 4 hari gimana,,,,,,,, hahaha punya saya udah habis dalam waktu 3 hari :) jadi gak bisa jawab saya, kalau mau tau dicoba sendiri di rumah yaa mommies.......
Cusss resep yaaaa......
Eh iyaa makasih buat mama cantik Tintin Rayner yaaaaa, udah bikin semangat saya bikin roti ini......


ADONAN OVERNIGHT :
Bikin kira-kira 16 jam sebelumnya yaaa
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi
  • 150 ml air hangat kuku + 1 sdt ragi instan ( aduk rata )
Aduk semua bahan jadi satu pakai sendok aja, diamkan suhu ruang selama 1 jam lalu masukkan ke dalam kulkas, tutup degan cling warp bagian atasnya.

ADONAN UTAMA :
  •  250 gr Tepung terigu protein tinggi ( saya pakai Cakra )
  • 100 gr tepung terigu protein sedang ( saya pakai Segitiga Biru )
  • 8 gr ragi instan ( saya pakai Saft Instant )
  • 80 gr gula pasir 
  • 1 butir telur 
  • 1 kuning telur
  • 40 cc susu cair / tuang pelan-pelan sesuai kebutuhan ( saya pas 40 cc )
  • 80 gr butter ( saya pakai Anchor )
  • 6 gr garam
Cara membuat :
  1. Dalam wadah aduk rata tepung, ragi, gula pasir lalu masukkan telur + susu cair pelan-pelan jangan di tuang langsung sekaligus, takut kelembekan. Lalu masukkan adonan biang.
  2. Mixer sampai kalis, masukkan butter + garam, lalau mixer lagi sampai kalis dan elastis.
  3. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat.
  4. Kempiskan adonan, timbang dan bulat-bulatkan. Diamkan 10 menit.
  5. Bentuk sesuai selera, diamkan sampai mengembang 2 kali lipat.
  6. Oles kuning telur, oven dengan sugu 170-190' C sampai matang.



1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bunda, untuk resep lain apakah bs diaplikasikan metode ini?. Bagaimana cara penentuan berapa gram tepubg dan airnya. Makasih banyak sebelumnya