Jumat, 16 Oktober 2015

HOMEMADE DULCE DE LECHE dengan PRESTO




Baru bikin DDL.....huaaaaaaaa emang kemana aja selama ini, temen-temen udah pada bikin tapi aku baru bikin sekarang. Iyaaaaaa udah pengen aja bikin liat postingan temen-temen yang pada seliweran, nahhhh liat caranya yang butuh waktu lama jadi timbul deh rasa  malesnya. Ehhhh inget teteh cantik Ayudiah udah pernah bikin pake panci presto. Pengen langsung bikin juga waktu itu, tapi takyutttt sama tekanannya ( Parno dikit ) takut meledak :). Hari ini langsung deh japri sama teteh, maksudnya memantapkan hati gitu buat ngilangin rasa takut bikin dengan menggunakan panci presto. Kata teteh sihhh gak perlu takut, teteh udah bikin dua kali.
Yessssss berarti aman kan yaaaa...... langsung deh ambil panci, kasih air direndem susu kental manisnya sampai kerendem semua yaaa kalengnya, aku sampai agak penuh dan dari tutup panci masih ada jarak sekitar 10 cm. Aku bikin 3 kaleng sekaligus, biar gak rugi sama proses bikinnya :)

Setelah 2 jam aku angkat, aku dinginkan sebentar sampai pancinya bisa dibuka, aku ambil satu buat perbandingan aja sih, setelah itu aku tambahin air aku lanjutkan lagi proses mrestoinnya ditambah 1 jam lagi, jadi prosesnya 3 jam. yang 3 jam ini lebih kental lebih cokelat hasilnya.

Ini foto DDL yang diproses selama 2 jam, kurang cokelat dan kurang kental.


Ini yang prosesnya selama 3 jam, lebih cokelat dan kental.


Bahan :
  • 3 kaleng susu kental manis
  • air
  • panci presto
Cara membuat :
Masukkan susu ke dalam panci presto, tambahkan air. Kaleng susu sampai kerendam semua yaaa, beri jarak antara air dengan tutup panci.
Masak selama 2-3 jam tergantung kekentalan yang diinginkan.

Hasilnya lebih enak yang kental, lebih berasa karamelnya.....


Tidak ada komentar: