Senin, 28 November 2016

LUPIS KETAN PRESTO



Alhamdulillah akhirnya saya bisa bikin juga kue satu ini, kue kesukaan papanya anak-anak. Penasaran dan pengenlah saya bikin kesukaan suami. Ribetttttt ? pastilah kan baru pertama bikin, apalagi waktu bungkus itu, Masya Allah gak jadi-jadi bentuknya melenceng-melenceg kurang padet, Demi nyenengin suami apalah artinya bersusah-susah bungkus :) minta ajarin donk sama budhe, kebetulan waktu itu budhe datang ke rumah. Ehhh ternyata gampang yaaa, yang utama harus padet bungkus di daunnya selanjutnya tinggal ngikutin bentuk segitiga gitu. Bisa dilihat di youtube cara nglipatya.
Pengen cepet mateng akhirnya saya pilih masak di panci presto, kalau pakai panci biasa katanya temen yng biasa bikin sekitar  2 jam lebih gitu. Lama juga yaaa, akhirya diakalin di presto, lumayan hemat waktu 30menit. jadi cuma butuh waktu 1 jam 30 menit udah mateng si lupis ini. Daunnya pilih yang agak panjang yaa, ini mama yang ngambilin daun di halaman belakang daunnya bagus-bagus jadi nglipatnya bisa cantik.


Bahan :
500 gr beras ketan cuci brersih, lalu rendam dengan 1 sdm air kapur sirih selama 2 jam.
Setelah 2 jam tiriskan dan beri sejumput garam ( dikira-dikira aja yaa ), aduk rata. Setelah itu bungkus dan semat pakai lidi biar gak lepas.

Cara membuat :
Masukkan dalam panci presto sampai terendam semua ( saya separuh air )
masak selama 1,5 jam. Tergantung presto masing-masing,  saya 1 jam bagian atas begitu dibuka masih kurang lembut, saya tambahkan air dan di rebus lagi dalam panci presto selama 30 menit. 


Saus Gula Merah :
400 gr gula merah ditambah 400 ml air, tambahkan daun pandan 3 lembar. Masak sampai mendidih dan kental. Sajikan lupis dengan parutan kelapa dan saus gula merah.





Tidak ada komentar: