Selasa, 19 Agustus 2014

Pukis ala Banyumas



Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga bikin pukis Banyumas ini.... hihihihi karena kebanyakan resep yang mau diuji coba lebih dahulu makanya yang namanya pukis Banyumas ini cuma masuk di daftar tunggu dan entah dalam urutan yang keberapa. Berhubung kemarin libur dan diniatin sepenuh hati untuk mencoba resep ini. Dan hasilnya bener-bener gak mengecewakan, empuk banget dan manisnya pas menurut aku juga mama. Mama suka banget sama pukis ini, katanya enak. Empuk dan lembut itu kata yang cocok buat pukis Banyumas ini. Bakalan masuk resep favorit aku pukis ini.
Sampai keesokan harinya pukis ini masih tetep empuk dan lembut, naahhh yang penasaran sama pukis ini, yukkk dicoba bikin di rumah, dijamin gak akan kecewa hasilnya.... * _ ^








Resep asli aku ambil dari booklet Tabloid Koki

Resep yang aku tulis udah sedikit aku utak-atik yaa.....

Pukis ala Banyumas

Bahan :
  • 250 gr tepung protein sedang
  • 25 gr susu bubuk
  • 5 gr Ragi instan
  • 100 gr gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 ml susu kental manis putih
  • 550 ml santan
  • 3 lembar daun pandan
  • 100 gr margarin, cairkan 

Cara membuat :
  1. Rebus santan, daun pandan hingga mendidih sambil diaduk, angkat dan dinginkan.
  2. BIANG :  Campur 100 gr tepung terigu, ragi instan dan 200 ml santan hangat hingga rata. Diamkan hingga mengembang kurang lebih 1 jam.
  3. Kocok gula pasir dan telur hingga mengembang.
  4. Masukkan susu kental manis dan sisa tepung terigu juga susu bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tambahkan biang, margarin cair dan sisa santan. Aduk rata. Diamkan adonan hingga mengembang kurang lebih 2 jam.
  5. Panaskan cetakan pukis, oles dengan margarin hingga rata. Tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan.
  6. Masak diatas api sedang hingga matang. Angkat dan sajikan.
* Santan yang saya pakai dari 1/2  butir kelapa.
* Waktu merebus santan di resep asli ditambahkan 1 sendok teh garam, ( saya tidak pakai )







Tidak ada komentar: