Kamis, 12 November 2015

SOES KERING PISANG


Yang namanya soes ini gak bosen yaa buat cemilan, seperti hari ini punya pisang langsung search resep, nemu soes bentuk lucu. Iyaaa soes kering pisang. Bikinnya udah gampang banget dan yang pasti rasanya udah enak donk. Sesuatu banget yaaa kalau kita bikin-bikin apa gitu terus anak-anak bilang  " mama ini enak yaaa, mama pinter deh " Hahaha iyaaa dapet pujian seperti itu dari anak bikin mamanya melambung, berasa beneran jadi seorang mama #lebay ......
Anak-anak kalau cocok sama bikinan mamanya selalu bilang seperti itu. Dannnn..... disitu saya merasa senang plus bahagia :)
Oh iyaaa bikin soes kering ini bener-bener harus kering ya biar kalau dingin gak melempem. Kuenya jadi agak kecokelatan bukan karena hangus, tapi efek dari pisang yang dihaluskan. Seperti olahan pisang lain kalau kita bikin warnanya jadi kecokelatan, dan warna ini berlaku juga ke soes keringnya.


SOES KERING PISANG
( Sajian Sedap )

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
75 gram pisang, diblender halus
100 gram margarin
225 gram air
1/8 sendok teh garam
125 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder
3 butir telur
10 tetes esens pisang

Bahan Taburan:
50 gram gula tepung

Cara membuat sus kering pisang:
  1. Rebus margarin, air, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan blenderan pisang dan tepung terigu. Aduk rata. Masak lagi di atas api kecil sambil diaduk sampai kalis . Angkat dan biarkan hangat.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok. Tambahkan baking powder sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot melingkar di atas loyang yang dioles margarin..
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius15 menit. Turunkan suhunya 130 derajat Celsius. Oven lagi 30 menit sampai matang dan kering.
  5. Gulingkan di atas gula tepung.

Tidak ada komentar: