Sabtu, 10 Januari 2015

CAKE TAPE KUKUS

Bismillah.....




Hari ini lagi rajin deh saya, habis bikin cake tape ini langsung nulis resepnya di blog sambil nunggu cakenya dingin buat difoto-foto. Hihiihih biasanya sampai seminggu baru dishare dan ini juga masih ada antrian puding, kroket, banana cake yang masih anteng menunggu giliran.
Cake tape ini rasanya enak, lumayan lembut meskipun gak ada tambahan margarin di dalemnya. Mungkin dari santan yang dipake yaa dan tapenya yang dihaluskan itu, rasanya  juga masih terasa tapenya. Next kalau bikin lagi saya mau tambahin tapenya, biar lebih nendang lagi rasa tapenya. Tape yang saya pakai ini tape dari kota Jember, tapenya berwarna kuning manis dan gak mengandung banyak air.
Ehhh iya ada cerita dibalik nulis resep ini.... dedek Kenzie lagi mainan sambil nonton tv kakak Dinda sibuk dengan buku gambarnya, dari ada suara mobil-mobilan, suara kereta api, suara tv nonton Upin Ipin samapai  gak ada suaranya,  ditolehin ternyata udah tidur dengan bantal dan gulingnya, Ya Allah ternyata ambil sendiri, duhhhh jadi terharu pengen nangis, biasanya minta dikelonin ini udah pinter bobok sendiri..... Kissss kisss buat dedek Kenzie.

Kembali ke resep  Cake Tape ini, di resep asli namanya Cake Tape Kukus Lapis Kelapa Muda
Resepnya saya ambil dari Tabloid SAJI. Berhubung gak ada kelapa mudanya jadi aku skip aja.






CAKE TAPE KUKUS

Bahan :

  • 4 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gr santan dari 1/4 butir kelapa
  • 100 gr tape singkong
  • 1 sdt cokelat bubuk untuk taburan
Cara membuat :
  1. Blender santan dan tape singkong, sisihkan.
  2. Kocok telur, gara, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang. Tambahakan tepung terigu dan balingpowder sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan campuran santan sambil diaduk rata. Bagi 3 bagian.
  4. Tuang satu bagian di loyan 24x10x7 cm yang sudah dialas kertas roti. Kukus 5 menit dengan api sedang. Taburi cokelat bubuk tipis-tipis
  5. Tuang lagi adonan di atasnya. Kukus 5 menit. Taburi dengan cokelat bubuk tipis-tipis.
  6. Tuang sisa adonan. Kukus 15 menit sampai matang.
* Kalau pake kelapa muda, tiap lapis sebelum ditaburi cokelat bubuk diberi kelapa muda terlebih dahulu ( 125 gr kelapa muda dibagi 2 bagian )

Tidak ada komentar: