Minggu, 04 Mei 2014

ASEM-ASEM BANDENG



Ikan bandeng paling suka aku dimasak asem-asem, karena papanya anak-anak gak suka masakan kayak gini jadi begitu mateng aku bagi sama mama masakannya. Padahal seger ada belimbingnya, katanya aneh rassanya. Haduhhh coba masakan bersantan paling semangat. 

Bikin asem-asem ini setelah buat sarapan untuk hubby dan anak-anak, baru deh masak untuk aku sendiri ^ ^
Rasa seger dari belimbing sayur suka banget,  dimakan anget-anget maupun sudah dingin rasanya sama aja, tetep enak.








Berikut resep asem-asem yang aku buat, resepnya dari Tabloid KOKI edisi 0093 April 2007. Hihihihi lama banget yaaa.... karena cocok sama rasanya jadi aku simpen baik-baik resepnya, resep yang aku tulis sudah aku sesuaikan denga seleraku.

ASEM-ASEM BANDENG

Bahan :
  • 1 Ekor ikan Bandeng, bersihkan potong menjadi 3 bagian
  • Air 1 liter ( aku pakai 600 ml )
  • Cabai rawit 5 buah
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Lengkuas 1 cm , memarkan
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Belimbing sayur 5 buah, potong kasar
  • Bawang perai 1 batang, potong kasar
  • minyak goreng 500 ml  ( untuk menggoreng ikan bandeng )
Bumbu halus :
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 4 butir
  • Kunyit 2 cm , bakar
  • Kemiri 1 butir
  • Garam dan gula secukupnya
Cara membuat :
  1. Bumbui bandeng dengan garam, goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga kering.
  2. Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan bawang perai dan cabai rawit. Tuang air, didihkan.
  4. Masukkan bandeng  dan belimbing sayur. Masak hingga bumbu meresap. Masak dan sajikan hangat.
Tips :
  1. Karena bandeng akan dikombinasi dengan kuah dan bumbuyang lain maka jangan banyak garamnya.
  2. Bumbu halus bisa diganti dengan bumbu iris.





Tidak ada komentar: